Kepunahan Ikan Pari Jawa: Sebuah Kejadian Menyedihkan

Kepunahan Ikan Pari Jawa: Sebuah Kejadian Menyedihkan
Kepunahan Ikan Pari Jawa: Sebuah Kejadian Menyedihkan (ist/ilustrasi/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Universitas Charles Darwin, Australia, mengumumkan secara resmi kepunahan Ikan Pari Jawa, sebuah spesies langka yang kini telah lenyap dari perairan dunia.

Tim internasional yang dipimpin oleh universitas tersebut melakukan penelitian menyeluruh, menegaskan bahwa ikan pari ini, yang hanya tercatat sekali pada akhir abad ke-19, kini secara resmi punah.

Keberadaan ikan pari Jawa ini sangat langka, dengan peneliti menyebutnya sebagai kepunahan ikan laut pertama yang disebabkan oleh tangan manusia.

Baca Juga:Cadangan Pangan Aman di Jawa Barat Hingga Penghujung Tahun 2023Pj Gubernur Jawa Barat Minta Peningkatan Pengamanan di Masjid Al-Jabbar Pasca Kecelakaan Tragis

International Union for Conservation of Nature (IUCN) merilis pernyataan resmi setelah memasukkan spesies ini ke dalam daftar terbaru mengenai spesies yang terancam punah.

Sejak tahun 1964, daftar Merah IUCN telah menjadi katalog yang mengidentifikasi lebih dari 41.200 spesies yang menghadapi ancaman kepunahan global.

Daftar ini memberikan informasi mendetail tentang berbagai aspek, termasuk wilayah penyebaran, ukuran populasi, habitat, ekologi, pemanfaatan dan perdagangan, ancaman, serta tindakan konservasi yang dapat diambil.

Ikan pari Jawa, termasuk dalam kelompok ikan Stingaree Jawa (Urolophus javanicus), hanya diketahui dari satu spesimen yang dikumpulkan pada tahun 1862 di pasar ikan Jakarta.

Pemodelan terkini, menggunakan semua informasi yang tersedia, menegaskan kepunahan spesies ini.

Penelitian utama yang dilakukan oleh Julia Constance menyoroti penangkapan ikan secara intensif yang umumnya tidak diatur sebagai ancaman utama terhadap populasi ikan pari Jawa.

Menurunnya hasil tangkapan ikan di pesisir Laut Jawa pada tahun 1870-an dan degradasi habitat di pesisir utara Jawa, khususnya Teluk Jakarta, diidentifikasi sebagai faktor utama yang menyebabkan kepunahan tragis spesies ini.

Baca Juga:Momentum Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024: Sandiaga Uno Proyeksikan Kontribusi Rp120 Triliun bagi Perekonomian NasionalBerwisata di Masa Libur Natal dan Tahun Baru 2024: Moda Transportasi Kereta Api (KA) Tetap Jadi Pilihan Utama di Bandung

Kejadian ini menegaskan urgensi perlindungan dan regulasi untuk mencegah kepunahan spesies laut yang berharga.***

Demikian merupakan artikel mengenai Kepunahan Ikan Pari Jawa: Sebuah Kejadian Menyedihkan.

berita tersebut sudah tayang di website Jabar Ekspres. Dengan judul “Ikan Pari Jawa Punah, Benarkah Karena Ulah Manusia?“.

0 Komentar