APDESI Sumedang Usulkan Hapus Pj Kepala Desa Pada Pilkades Tahun Depan

APDESI Sumedang Usulkan Hapus Pj Kepala Desa Pada Pilkades Tahun Depan
APDESI Sumedang Usulkan Hapus Pj Kepala Desa Pada Pilkades Tahun Depan (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – APDESI Sumedang Usulkan Hapus Pj Kepala Desa Pada Pilkades Tahun Depan.

Ketua APDESI Sumedang, Welly Sanjaya, kembali menyuarakan aspirasinya langsung kepada Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman terkait beberapa aspek yang dianggap perlu direalisasikan untuk meningkatkan kesejahteraan desa, perangkat desa, dan unsur-unsur pemerintahan desa.

Welly menyampaikan aspirasinya ini saat acara peningkatan kapasitas seluruh Kepala Desa di Bumi Perkemahan Gajah Depa, Desa Galudra, Cimalaka, pada Rabu (27/12).

Baca Juga:Longsor di Desa Girimukti Sumedang, Jalan Penghubung Sumedang-Subang TergangguTimnas AMIN Tak Punya Uang untuk Cetak Alat Peraga Kampanye, Ahmad Ali : Modal Kami Hanya Gagasan

Salah satu poin aspirasi APDESI kepada Pj Bupati Herman adalah mengenai perubahan dalam Peraturan Bupati (Perbup) 65/2018, khususnya terkait alokasi Dana Desa (ADD) yang saat ini sebesar 10 persen dari dana perimbangan.

Welly berharap bahwa perubahan Perbup tersebut dapat mencapai kesepakatan antara eksekutif dan legislatif, dengan harapan peningkatan alokasi ADD hingga 20 persen.

Jika hal ini terwujud, diharapkan akan terjadi peningkatan kesejahteraan bagi pemerintahan desa, kepala desa, BPD, serta perangkat desa RT/RW.

Selain itu, APDESI juga mengajukan permintaan terkait pemerataan Bankudes di seluruh Kabupaten Sumedang dan pelaksanaan Pilkades serentak.

Welly berharap agar kepala desa dapat menjabat tanpa adanya Pejabat Kepala Desa sementara atau pegawai dari kecamatan, serta mengusulkan pembelian tanah untuk pembangunan sekretariat DPC APDESI di kelurahan situ.

Di sisi lain, Wakil Ketua DPRD Sumedang Fraksi PPP, H Ilmawan Muhammad, memberikan dukungan penuh terhadap upaya Pemkab Sumedang dalam mendorong transformasi digital.

Menurutnya, dalam era transformasi digital saat ini, kepala desa harus dapat beradaptasi dengan aturan dan platform digital terbaru untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga:Mengaku Disuruh Mendukung AMIN oleh Sang Guru, Ini Biografi Abah Aos Guru Dari Eka Anugrah yang Sumbangkan 100 Mobil Unit Pemenangan AMINTernyata Ini Sumber Uang Eka Anugrah yang Sumbangkan 100 Unit Mobil Tim Pemenangan AMIN

Ilmawan berharap bahwa dengan berbagai platform digital yang disiapkan, desa-desa di Kabupaten Sumedang akan menjadi contoh kemajuan, mandiri, dan dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di luar kabupaten tersebut.

Ilmawan menekankan bahwa untuk mewujudkan pemerintahan desa yang baik dan bersih, kepala desa harus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Ia yakin bahwa dengan kesatuan dan kerjasama antara kepala desa serta seluruh perangkat desa, pemerintahan desa yang baik dan bersih dapat tercapai, serta masyarakat dapat menikmati kesejahteraan melalui kebersamaan.

0 Komentar