Ternyata Begini Cara Mengenali Psikopat! Cuma Diliat dari Mata!

Cara Mengenali Psikopat
Cara Mengenali Psikopat/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Mari simak artikel tentang cara mengenali psikopat.

Psikopati, atau gangguan kepribadian antisosial (Antisocial Personality Disorder/ASPD), adalah kondisi kompleks yang menunjukkan pola perilaku manipulatif dan kekerasan terhadap orang lain.

Mengenali psikopat bukanlah tugas yang mudah, tetapi penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa ciri pada tatapan mata yang dapat memberikan petunjuk.

Seorang psikiater dan pendiri Centers of Psychiatric Excellence, Prakash Masand, menggambarkan psikopat sebagai individu yang menunjukkan pola manipulasi dan kekerasan.

Baca Juga:Jangan Abaikan Ini Kalo Kamu Pengen Hidup Panjang UmurTop 10 Rumah Sakit Terbaik di Dunia, Perwakilan Asia Cuma 1?

1. Respons Mata

Penelitian pada 2018 menemukan perbedaan respons mata antara individu dengan ciri-ciri psikopati interpersonal-afektif dan orang normal.

Ketika orang normal melihat sesuatu yang mengganggu, pupil mata mereka membesar sebagai cerminan sistem saraf simpatik tubuh.

Namun, pada individu psikopat, terdapat penurunan respons pupil mata ketika mereka diperlihatkan gambar-gambar negatif, menunjukkan perbedaan dalam pemrosesan emosi.

2. Waktu yang Dihabiskan untuk Melihat Emosi

Psikopat cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat foto yang menggambarkan emosi, seperti rasa sakit dan rasa malu.

“Terkadang, penderita psikopati menggunakan tatapan mata sebagai cara yang disengaja untuk mengendalikan dan mengintimidasi orang lain,” kata Dr. Naomi Murphy, konsultan dan psikolog forensik dan pendiri Octopus Psychology.

Ini menandakan ketidakmampuan mereka untuk merasakan empati dan kurangnya ketertarikan pada aspek-aspek emosional dalam interaksi sosial.

3. Manipulasi Melalui Tatapan Mata

Tatapan mata dapat menjadi alat manipulasi bagi individu psikopat.

Baca Juga:Ini Ramalan Ekonomi Indonesia di Akhir Tahun, Berani Baca?Ternyata Segini Jumlah Crazy Rich Indonesia yang Kena Pajak Tertinggi!

Mereka mungkin sengaja menggunakan tatapan untuk mengendalikan dan mengintimidasi orang lain.

Dr. Naomi Murphy, seorang konsultan dan psikolog forensik, mengingatkan bahwa tatapan juga dapat mencerminkan kemarahan yang dingin dan keras.

4. Ciri-ciri Mata yang Mungkin Ditemui

Meski tidak ada ciri-ciri spesifik yang menjadi penanda ‘tatapan psikopat’, beberapa ciri umum yang dapat diamati meliputi:

  • Sikap dingin, tanpa empati, atau kasih sayang.
  • Bermata lebar, lebih banyak bagian putih mata yang terlihat.
  • Kedip mata yang lebih jarang.
  • Tatapan yang terasa mengancam.
  • Pupil mata yang membesar.
  • Tatapan mata yang intens.

Penting untuk diingat bahwa penilaian atas seseorang sebaiknya tidak hanya berdasarkan tatapan mata atau ciri fisik tertentu.

0 Komentar