Gak Nyangka! Lokasi Ini Jadi Tempat Paling Sepi di Dunia!

Gak Nyangka! Lokasi Ini Jadi Tempat Paling Sepi di Dunia!
Gak Nyangka! Lokasi Ini Jadi Tempat Paling Sepi di Dunia!/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Dimanakah Tempat Paling Sepi di Dunia? Mari cek selengkapnya.

Point Nemo, titik terpencil di Bumi, menjadi destinasi akhir bagi objek-objek luar angkasa yang telah memenuhi tugasnya.

Lokasinya yang jauh di Samudera Pasifik, antara Pulau Paskah dan Antartika, membuatnya menjadi kuburan satelit antariksa yang ideal.

Sejak tahun 1971, lebih dari 263 keping puing luar angkasa dari misi antariksa oleh negara-negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Jepang, dan negara-negara Eropa telah ditenggelamkan di Point Nemo.

Baca Juga:Semua Tentang SNBP 2024: Cara Daftar, Cek Kuota, Jadwal, Syarat, dan LainnyaAda Indonesia! Ini Rute Penerbangan Domestik Tersibuk di Dunia!

Langkah ini diambil sebagai alternatif terbaik, mengingat semakin padatnya obyek antariksa di orbit Bumi dapat meningkatkan risiko tabrakan dan menghasilkan fragmen yang lebih kecil.

Analisis dari Badan Antariksa Eropa, Stijn Lemmens, menyoroti urgensi menjaga keamanan lingkungan orbit.

“Hingga pada titik di mana telah mengacaukan lingkungan orbit dan tidak lagi aman untuk menempatkan pesawat luar angkasa beroperasi di sana,” ujarnya.

Point Nemo bukan hanya menjadi pilihan untuk menjatuhkan satelit yang sudah tidak aktif, tetapi juga dipilih sebagai tempat terakhir untuk International Space Station (ISS).

Alasan utamanya adalah hamparan lautan di sekitar titik tersebut, menciptakan kondisi aman bagi pesawat luar angkasa untuk mendarat tanpa risiko signifikan.

Lemmens menjelaskan bahwa peneliti berusaha mencari lokasi yang memenuhi beberapa syarat, seperti minimnya keberadaan manusia dan kendaraan, yang semuanya dipenuhi oleh Point Nemo.

“Tidak ada orang yang tinggal, terbang, dan tidak ada perahu. Point Nemo salah satunya,” tambahnya.

Baca Juga:Kemenkes Wajibkan Pakai Masker Lagi?Mahasiswa Harvard Spill Ciri Orang Sukses yang Pelihara Tuyul

Dengan rencana NASA untuk menghentikan pengoperasian ISS pada akhir 2030 dan menjatuhkannya ke Point Nemo pada Januari 2031, tempat ini akan terus menjadi kuburan terpencil bagi jejak-jejak eksplorasi antariksa manusia.

Upaya ini mencerminkan komitmen dalam pengelolaan limbah luar angkasa dan menjaga keamanan di ruang angkasa untuk generasi mendatang.

Demikian artikel tentang Tempat Paling Sepi di Dunia.

0 Komentar