Pernah Dinyatakan Hilang, Dunia Ini Muncul di Indonesia!

Pernah Dinyatakan Hilang, Dunia Ini Muncul di Indonesia!
Pernah Dinyatakan Hilang, Dunia Ini Muncul di Indonesia!. Foto: Sumba/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Sebuah penemuan revolusioner mengungkap bahwa Sumba, Indonesia, adalah dunia bagi berbagai hewan yang diyakini telah punah ribuan tahun yang lalu.

Para ilmuwan dari Zoological Society of London (ZSL) menemukan fosil-fosil menarik, termasuk gajah mini, tikus, kadal raksasa, dan bahkan spesies komodo.

Berdasarkan jurnal “Proceedings of the Royal Society B,” penelitian tersebut memperkirakan bahwa hewan-hewan langka ini hidup di Sumba sekitar 12.000 tahun yang lalu.

Baca Juga:Gibran Dipanggil Bawaslu Jakpus Hari Ini, Ada Apa?Kompak! Ini Harga BBM Terbaru Indonesia Setelah Turun

Fosil-fosil tersebut memberikan bukti kuat bahwa Sumba mungkin merupakan tempat asal beberapa spesies yang sekarang dianggap langka, seperti komodo yang saat ini hanya ditemukan di Pulau Komodo dan Flores.

Ekspedisi penelitian ini berlangsung dari 2011 hingga 2014 dan merupakan bagian dari upaya eksplorasi lebih lanjut di wilayah Wallacea, yang mencakup Sumba, Sulawesi, Lombok, Flores, Halmahera, Buru, dan Seram.

Temuan ini juga mengingatkan pada kepentingan riset lebih lanjut di Sumba untuk memahami evolusi spesies di wilayah ini.

“Penemuan di area ini bisa membuka wawasan yang menakjubkan soal dunia yang hilang. Ada banyak hewan yang berevolusi di kepulauan Wallacea yang terisolasi namun kemudian punah seiring munculnya peradaban manusia modern,” ungkap Samuel Turvey, anggota peneliti di ZSL.

Saat ini, penelitian lebih lanjut diharapkan dapat memberikan pencerahan tambahan tentang sejarah evolusi dan kehidupan liar yang pernah mendominasi Sumba, mengungkap lebih banyak misteri dari dunia yang tampaknya hilang itu.

0 Komentar