Gempa Bumi Guncang Sumedang: Terowongan Tol Cisumdawu Alami Keretakan, Begini Tanggapan PUPR

Gempa Bumi Guncang Sumedang: Terowongan Tol Cisumdawu Alami Keretakan, Begini Tanggapan PUPR
Gempa Bumi Guncang Sumedang: Terowongan Tol Cisumdawu Alami Keretakan, Begini Tanggapan PUPR (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada Minggu, 31 Desember 2023, gempa bumi magnitudo 4,8 mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menyebabkan keretakan pada Terowongan Kembar Tol Cisumdawu.

Kejadian ini menjadi perhatian serius, dan berbagai pihak turut memberikan tanggapan terkait dampak gempa tersebut.

Keretakan pada Terowongan

Kepala Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Fahmi Aldiamar, mengonfirmasi adanya keretakan pada dinding terowongan.

Baca Juga:Tidak Berpotensi Likuifaksi: Analisis Geologi Terkait Gempa Sumedang, Jawa BaratGempa Bumi Mengguncang Kabupaten Sumedang, Jawa Barat: Menelusuri Analisis, Dampak dan Respons

Meskipun demikian, Fahmi menegaskan bahwa masalah tersebut hanya memerlukan perbaikan minor yang dapat dilakukan dengan cepat.

Terowongan dinyatakan dalam kondisi aman dan dapat dilintasi oleh pengguna jalan.

Respons Kementerian PUPR dan CKJT

Kementerian PUPR dan PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) memberikan respons terkait insiden ini. Bagus Medi Suarso, Direktur Teknik dan Operasi CKJT, mengungkapkan kerja sama dengan Bina Marga dalam menangani kasus ini.

Tim CKJT terjun langsung untuk memantau kondisi terowongan dan melakukan pengecekan teknis.

Bagus Medi Suarso juga menekankan kesiapan CKJT sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Tol Cisumdawu untuk memenuhi kewajibannya terkait situasi tersebut.

Koordinasi dengan Forkopimda dan BNPB

Sebelumnya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkoordinasi dengan PT CKJT terkait retakan dinding di terowongan.

Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto, menyatakan niatnya untuk meninjau lokasi terdampak pada hari Senin.

Baca Juga:Pilihan Makanan Awet dan Sehat untuk TravelingRekor Penumpang Kereta Cepat Whoosh: 156 Ribu Penumpang Berangkat Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023-2024

Kejadian ini menunjukkan pentingnya sinergi antara sektor pemerintah dan Badan Usaha Jalan Tol dalam menghadapi bencana alam serta kesiapan dalam menanggapi dan meminimalkan dampak negatif terhadap infrastruktur vital seperti terowongan tol.***

Demikian merupakan artikel mengenai Gempa Bumi Guncang Sumedang: Terowongan Tol Cisumdawu Alami Keretakan, Begini Tanggapan PUPR.

0 Komentar