Mekarjaya Sukseskan Pemilihan BPD

RANCANGAN: Kepala Desa Mekarjaya Dr, Awandi Nopyan S MPd., saat memaparkan pemilihan anggota BPD di desanya kepada Sumeks baru-baru ini.
RANCANGAN: Kepala Desa Mekarjaya Dr, Awandi Nopyan S MPd., saat memaparkan pemilihan anggota BPD di desanya kepada Sumeks baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA- Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara, sudah rampung dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Desember 2023 dengan sistem keterwakilan. Anggota BPD yang sudah terpilih untuk periode tahun 2024- 2030 ada sembilan orang.

“Mereka terpilih dari unsur keterwakilan perempuan tiga orang unsur kewilayahan enam orang,” ucap Kepala Desa Mekarjaya, Dr Awandi Nopyan S MPd., kepada Sumeks baru-baru ini.

Kades memaparkan nama-nama anggota BPD yang terpilih di Desa Mekarjaya peride tahun 2024- 2030, diantaranya untuk wilayah 1, Uud Zaenudin, Cucun Somantri, Karti, wilayah 2 , Cece Rukmana, Kuswara, Lisye Kusmiati. Sementara untuk Wilayah 3 Mulyadi, Yanyan Suheryan, Teti Herawati.

Baca Juga:Seribu Rumah Rusak Akibat GempaTim Monitoring Gempa Imbau Warga Abaikan Hoax

Kades mengatakan, di samping tiga fungsi dari BPD yaitu bugeting, evaluasi dan legislasi dengan personil baru, motivasi baru, ide baru dan semangat yang baru, semoga bisa mengembangkan Desa Mekarjaya. Sehingga anggota BPD juga bisa secara kreatif mencari sumber yang potensial untuk pendanaan kegiatan pembangunan di Desa Mekarjaya.

“Jadi jangan hanya menunggu bantuan dari pusat seperti Dana Desa (DD), bantuan Sarana prasarana (Sarpras) dan lainnya, akan tetapi secara kreatif semua anggita BPD bisa mencari sumber anggaran dana yang potesial untuk pembangunan desa di luar anggaran-anggaran dana tersebut,” ujarnya.

Kemudian, lanjut dia, harus ada kesepahaman bahwa semua anggota BPD harus mendukung visi desa wisata di Desa Mekarjaya yang harus bisa diwujudkan sampai tahun 2026.

Kades berharap untuk kelembagaan BPD yang berkaitan langsung dengan pemerintah desa bisa bersinergi bisa bekerja sama dengan baik.

“Jadi dengan pemilihan anggota BPD yang dilaksanakan secara keterwakilan, yang mana pemilihnya merupakan warga masyarakat langsung yang dipilih oleh para Ketua RT dan RW, kami Pemerintahan Desa Mekarjaya berharap para anggota BPD yang baru bisa kreatif mencari sumber dana yang potensial. Bisa bersinergi serta bisa membawa aspirasi masyarakat yang ada di wilayahnya masing- masing,” tutup Kades.(ahm)

0 Komentar