Benarkah Kapal Israel ke Indonesia?

Benarkah Kapal Israel ke Indonesia?
Ilustrasi Kapal Israel ke Indonesia/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Benarkah kapal Israel ke Indonesia? Mari simak selengkapnya.

Isu mengenai kedatangan kapal dagang Israel ke pelabuhan Indonesia telah menjadi sorotan setelah informasi ini tersebar melalui media sosial.

Pegiat media sosial Erlangga Greschinov, melalui akun Instagramnya @greschinov, mengklaim bahwa kapal-kapal milik ZIM Marine, perusahaan pelayaran Israel, akan berlabuh di beberapa pelabuhan Indonesia seperti Tanjung Priok, Tanjung Perak, Tanjung Mas, dan Belawan.

Namun, Kementerian Perhubungan Indonesia dengan tegas membantah klaim tersebut.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah memberikan izin kepada kapal dagang berbendera Israel untuk berlabuh di pelabuhan Indonesia.

Baca Juga:Suka Beramal, Crazy Rich Ini Tenang Jadi MiskinTakut Uangnya Tak Berkah, Miliarder Tjio Wie Tay Masuk Islam

Ini menciptakan ketidaksesuaian antara informasi yang beredar di media sosial dan keterangan resmi pemerintah.

Dalam penjelasannya dari berbagai sumber, Adita Irawati menegaskan bahwa sejak konflik Israel-Palestina memanas, tidak ada kapal dagang berbendera Israel atau berbendera selain Israel yang melayari rute Indonesia-Israel.

Pemerintah berjanji untuk terus memantau perkembangan situasi ini dan bekerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait.

Sebelumnya, Malaysia telah mengambil langkah drastis dengan melarang pelayaran ZIM di negaranya sebagai bentuk sanksi atas serangan Israel ke Gaza.

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, menyatakan bahwa langkah ini adalah respons terhadap pelanggaran prinsip dasar kemanusiaan dan hukum internasional oleh Israel.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa ekspor-impor antara Indonesia dan Israel relatif kecil.

Meskipun terdapat transaksi perdagangan, porsi ekspor Indonesia ke Israel hanya 0,07%, sementara impor Israel ke Indonesia hanya menyumbang 0,011%.

Baca Juga:Bukan Prancis, Ternyata Merk Tas Terkenal Ini Made In Indonesia!Ada 27 Hari! Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024 di Indonesia

Komoditas yang paling banyak diimpor dari Israel meliputi mesin dan pesawat mekanik, perkakas, perangkat potong, serta mesin dan peralatan listrik.

Situasi ini menciptakan tanda tanya terkait validitas informasi yang beredar di media sosial.

Pemerintah Indonesia terus melakukan pengecekan dan memberikan klarifikasi, menegaskan komitmennya untuk menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.

Demikian artikel tentang kapal Israel ke Indonesia.

0 Komentar