BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa Sumedang

BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa Sumedang
BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa Sumedang (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa Sumedang.

Pada Minggu (31/12), gempa bumi dengan magnitudo 4,8 dan serangkaian gempa susulan yang lebih kecil mengguncang Sumedang, Jawa Barat, menyebabkan kerusakan yang cukup parah pada rumah warga dan fasilitas umum.

Kerusakan ini dipicu oleh pusat gempa yang dangkal dan tanah yang lapuk.

Baca Juga:Jusuf Hamka : Terowongan Tol Cisumdawu Tidak Retak Karena Gempa Sumedang!Apakah Gempa Jepang Berkaitan Dengan Gempa Sumedang?

Sebanyak 248 rumah mengalami kerusakan, dan 456 warga terpaksa mengungsi akibat gempa di Sumedang.

Data yang diterima menunjukkan bahwa 138 rumah mengalami kerusakan ringan, 110 rumah mengalami kerusakan berat, dan 456 warga harus mengungsi.

Sebanyak 11 orang mengalami luka ringan, dua di antaranya dirawat di RSUD Sumedang dan RS Santosa Bandung. Beruntung, tidak ada korban jiwa dilaporkan dalam peristiwa ini.

Beberapa desa terdampak, dengan Tegalsari, Cipameungpeuk, dan Babakan Bukit menjadi wilayah yang terpukul cukup parah.

Gempa ini diduga akibat aktivitas sesar aktif, yaitu Sesar Cileunyi-Tanjungsari.

Dalam menanggapi cepat terhadap pasca-gempa di Sumedang, BAZNAS Tanggap Bencana BAZNAS Jabar melakukan evakuasi pasien dari RSUD Kabupaten Sumedang, memasang tenda di Desa Rancapurut Kecamatan Sumedang Utara, serta mendistribusikan bantuan sembako bersama dengan PJ Bupati Kabupaten Sumedang.

Warga yang mengungsi karena rumah mereka tidak layak huni dan khawatir terjadinya gempa susulan membutuhkan bantuan mendesak, seperti perlengkapan tidur (selimut dan alas), makanan siap saji, makanan bayi, obat-obatan, alat kesehatan, dapur umum, dapur air, alat kebersihan (untuk membersihkan), dan pakaian layak pakai.

BAZNAS Jabar mengajak masyarakat untuk bersatu dalam membantu membangun kembali rumah-rumah mereka, memulihkan fasilitas umum, dan membantu mereka mendapatkan kehidupan normal kembali.

Baca Juga:Daftar Nama 10 Korban Gempa Bumi di SumedangDampak Gempa Sumedang Runtuhkan Gapura Taman Pataraksa di Cirebon?

Setiap donasi, sekecil apapun, dapat memberikan bantuan signifikan bagi saudara-saudara kita yang terdampak oleh musibah ini.

Mari bersama-sama menunjukkan kepedulian kita dan membantu Sumedang bangkit kembali.

Selengkapnya KLIK DI SINI.

Demikian pembahasan mengenai BAZNAS Jabar Ajak Warga Beri Donasi Untuk Korban Gempa Sumedang.***

0 Komentar