Perangkat Desa Padasuka Siaga Bencana

PANTAU: Kepala Desa Padasuka, Gamis saat menunjukan tenda darurat di depan kantor desa pada pemberlakuan siaga tanggap bencana, kemarin.
PANTAU: Kepala Desa Padasuka, Gamis saat menunjukan tenda darurat di depan kantor desa pada pemberlakuan siaga tanggap bencana, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Kejadian gempa yang beberapa kali mengguncang Kabupaten Sumedang berdampak pada rusaknya puluhan rumah warga di Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara. Hal itu membuat Kepala Desa (Kades) Padasuka, Gamis memberlakukan siaga tanggap bencana bagi semua perangkat desa dari mulai para pegawai desa hingga ketua RW dan RT.

Kades mengatakan, pemberlakuan siaga tanggap bencana, dimulai sejak awal adanya gempa, yaitu Senin (1/1) dan berlakukan untuk seluruh masyarakat Desa Padasuka dengan melibatkan ketua RT dan RW.

“Siaga tanggap bencana dilaksanakan dengan menggerakan para ketua RT dan RW untuk mengimbau Masyarakat, agar lebih memfokuskan ronda malam di wilayahnya masing-masing, untuk mengantisipasi masyarakat bila terjadi bencana. Kemudian mengingatkan masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan berita hoax. Kegiatan ini dimonitoring oleh kepala desa bersama perangkat desa,” jelasnya.

Baca Juga:Hilang Kendali, Mobil Terjun ke JurangGus Imin Nilai Masyarakat Jabar Punya Semangat Perubahan

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan agar masyarakat merasa tenang dan aman. Dia mengimbau warga agar tidak panik.

“Ini memerlukan kontribusi dari para ketua RW dan RT untuk gerakan kemanusiaan. Alhamdulillah sampai saat ini setelah saya cek masyarakat Desa Padasuka masih siap siaga untuk menghadapi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Saat disinggung jumlah rumah yang terdampak di Desa Padasuka Kades mengatakan, sampai Rabu (4/1) terdata ada 44 rumah yang terdampak gempa.

“Tujuh rumah rusak berat dan lainnya rusak ringan. Olehkarena itu saya selaku Kepala Desa Padasuka berharap pemerintah segera memberikan bantuan kepada warga yang terdampak, terutama kepada warga yang rumahnya rusak berat,” pungkas Kades. (ahm)

0 Komentar