Menghadapi Perubahan Iklim: Pentingnya Antisipasi terhadap Cuaca Ekstrem di Indonesia

Menghadapi Perubahan Iklim
Menghadapi Perubahan Iklim (ist/ilustrasi/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Perubahan iklim berdampak besar terhadap kondisi cuaca di Indonesia. Sebagai negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa, Indonesia rentan terhadap kejadian cuaca ekstrem yang semakin parah. Perubahan iklim membuat cuaca lebih sulit diprediksi dan meningkatkan risiko kejadian ekstrem.

Contoh terbaru adalah peristiwa El Niño tahun 2023-2024, yang menunda musim hujan hingga awal Januari, sekitar lima basis lebih lama dibandingkan kondisi normal.

Penting bagi kita untuk memahami cuaca ekstrem yang sering terjadi di Indonesia agar dapat mengantisipasi risiko di masa depan. Beberapa fenomena cuaca ekstrem yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Squall Line

Baca Juga:Nasabah Diimbau Akses Layanan Resmi, Hubungi Contact BRI 1500017Tragedi Kecelakaan Kereta Api di Cicalengka Mengakibatkan 4 Orang Meninggal Dunia

Merupakan fenomena cuaca ekstrem berbentuk garis memanjang yang terbentuk dari awan kumulonimbus. Garis ini menyerupai landasan pesawat dan bisa menyebabkan kondisi cuaca buruk dengan angin kencang dan hujan deras.

2. Bow Echo

Fenomena ini merupakan varian dari squall line yang melengkung seperti busur atau bumerang. Keberadaan lengkungan ini menandakan adanya pusaran angin di kedua ujung garis, yakni pusaran siklon dan antisiklon. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan cuaca ekstrem.

3. Mesoscale Convective Complex (MCC)

MCC sering terjadi di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Fenomena ini terbentuk dari kluster-kluster awan yang bergabung membentuk satu bulatan. Awalnya berskala kecil, MCC dapat membesar dan menciptakan hujan ekstrem selama berturut-turut.

Untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem, penting bagi Indonesia untuk meningkatkan pemahaman terhadap dinamika cuaca dan pola kejadian ekstrem. Inisiatif pembentukan tim “pemburu badai” yang secara aktif memantau dan mempelajari kejadian ekstrem sangat dibutuhkan. Tim ini bertujuan untuk dapat mengantisipasi kejadian serupa di masa depan, sehingga langkah-langkah pencegahan dan mitigasi risiko dapat diambil dengan lebih efektif.

Pemerintah, lembaga riset, dan masyarakat perlu bekerja sama dalam upaya memahami dan mengatasi dampak perubahan iklim serta cuaca ekstrem. Dengan peningkatan kesadaran dan keterlibatan aktif, Indonesia dapat menjadi lebih tangguh dalam menghadapi tantangan cuaca ekstrem yang semakin kompleks akibat perubahan iklim global.

Demikian merupakan artikel mengenai Menghadapi Perubahan Iklim: Pentingnya Antisipasi terhadap Cuaca Ekstrem di Indonesia.

0 Komentar