Menteri PUPR Melihat Terowongan Cisumdawu Tak Tertimpa Gempa Sumedang, Hanya ‘Retakan’ Debu?

Menteri PUPR Melihat Terowongan Cisumdawu Tak Tertimpa Gempa Sumedang, Hanya 'Retakan' Debu?
Menteri PUPR Melihat Terowongan Cisumdawu Tak Tertimpa Gempa Sumedang, Hanya 'Retakan' Debu?(pupr/ist)
0 Komentar

Sumedangekspres – Menteri PUPR Melihat Terowongan Cisumdawu Tak Tertimpa Gempa Sumedang, Hanya ‘Retakan’ Debu? Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memberikan pengungkapan mengejutkan terkait kondisi Terowongan Cisumdawu.

Menteri PUPR Melihat Terowongan Cisumdawu

Dalam inspeksi langsungnya setelah beredar kabar retakan akibat gempa Sumedang, Menteri Basuki menyatakan bahwa tidak ada kerusakan serius terowongan tersebut!

Meskipun awalnya dikira retakan karena gempa, ternyata “retakan” tersebut hanya tumpukan debu pada permukaan beton.

Baca Juga:Pj. Bupati Sumedang Terlibat dalam Kegembiraan Anak-anak Korban GempaSUMEDANG Gempar! 14 Gempa dalam Seminggu Terakhir Mengguncang Sumedang, Pemicu Kerusakan Luas!

Hasil pengukuran dari sistem pemantauan kesehatan struktural (SHMS) juga menegaskan bahwa gempa tidak memberikan dampak signifikan pada Terowongan Cisumdawu.

Menteri Basuki menjelaskan bahwa regangan dari gempa Sumedang bahkan lebih kecil daripada perubahan suhu harian.

Dampaknya ternyata tidak cukup besar untuk mengganggu struktur terowongan yang dilengkapi dengan teknologi expansion joint untuk menyerap regangan.

Dalam peninjauannya, seluruh jembatan di Tol Cisumdawu juga telah dipastikan aman oleh Kementerian PUPR, menjadikan keamanan pengguna jalan sebagai prioritas utama.

Bersama timnya dan pakar terkemuka, Menteri Basuki menegaskan bahwa tidak ada kerusakan signifikan pada Terowongan Cisumdawu maupun jembatan di sepanjang tol tersebut.

Berita ini memberikan kelegaan bagi masyarakat yang sempat khawatir akan kondisi infrastruktur setelah gempa Sumedang.

0 Komentar