7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Ancaman Gempa yang Mengintai

7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Ancaman Gempa yang Mengintai
7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Ancaman Gempa yang Mengintai (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – 7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Ancaman Gempa yang Mengintai.

Gempa yang terjadi di Sumedang ternyata dipicu oleh pergerakan sesar aktif yang melintasi daerah tersebut.

Namun, yang mengejutkan adalah adanya 7 sesar aktif di Jawa Barat yang dapat mengguncang berbagai daerah di wilayah tersebut kapan saja.

Ancaman gempa bumi tidak hanya mengintai Sumedang, tetapi juga berpotensi memengaruhi berbagai kabupaten dan kota lain di Jawa Barat.

Baca Juga:Mengenal Kura-kura Purba yang Hidup di Sumedang Pada Zaman DuluMengenal Gajah Purba Jenis Stegodon yang Hidup di Sumedang Pada Zaman Dulu

7 Sesar Aktif di Jawa Barat

Adapun 7 sesar aktif yang menjadi pemicu potensi gempa di Jawa Barat tersebut meliputi:

1. Sesar Cimandiri: Merupakan patahan tertua dengan sejarah historis memicu gempa di beberapa daerah, seperti Cianjur, Padalarang, dan Sukabumi.

2. Sesar Lembang: Terusan dari ujung utara Sesar Cimandiri, aktif sepanjang 30 kilometer di utara Kota Bandung dengan pergerakan tahunan sekitar 3-5 milimeter.

3. Sesar Baribis: Patahan utama membentang dari Majalengka, Kuningan, Subang Selatan hingga Purwakarta dengan potensi ancaman besar untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

4. Sesar Cipamingkis: Berada di wilayah timur Sukabumi dan barat Cianjur, pernah memicu sejumlah gempa bumi dengan kekuatan relatif kecil pada tahun 2018.

5. Sesar Garsela: Memanjang dari selatan Garut hingga selatan Bandung sepanjang 42 kilometer dengan mekanisme sumber patahan geser atau strike slip.

6. Sesar Citari: Membelah Jawa Barat dari selatan hingga utara, mulai dari Teluk Pelabuhan Ratu hingga Bekasi.

Baca Juga:Jadwal Sholat Sumedang Minggu 07 Januari 2024Prakiraan Cuaca Sumedang Minggu 07 Januari 2024

7. Sesar Cugenang: Menjadi penyebab gempa di Cianjur pada November 2022, membentang sepanjang 9 kilometer dan melintasi beberapa desa di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Ketujuh sesar aktif ini membawa potensi risiko gempa bumi yang dapat terjadi kapan pun. Oleh karena itu, pemahaman dan kewaspadaan masyarakat terhadap potensi gempa bumi perlu ditingkatkan.

Demikian pembahasan mengenai 7 Sesar Aktif di Jawa Barat: Ancaman Gempa yang Mengintai.***

0 Komentar