Fantastis, Bendungan Raksasa di Sumedang Ini Telan Anggaran Rp 2,03 Triliun

Fantastis, Bendungan Raksasa di Sumedang Ini Telan Anggaran Rp 2,03 Triliun
Fantastis, Bendungan Raksasa di Sumedang Ini Telan Anggaran Rp 2,03 Triliun(Istimewa/ Dok : PUPR)
0 Komentar

sumedangekspres – Fantastis, Bendungan Raksasa di Sumedang Ini Telan Anggaran Rp 2,03 Triliun

Bendungan raksasa di Jawa Barat yaitu Bendungan Cipanas yang berlokasi di Pasir Bajo, Cibuluh, Kec. Ujung Jaya, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bendungan Cipanas diperuntukan sebagai pendukung kawasan segitiga rebana yaitu Cirebon-Patimban-Kertajati. Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada September 2023 lalu.

Baca Juga:Pertemuan Terakhir Aipda Hadianto Dan Danyon, Tidak Ada Firasat ApapunPemprov Jawa Barat Akan Bangun 144 Sekolah Negeri Setara SMA Pada 2024

Bendungan ini memiliki daya tampung sebesar 250,81 juta m3. Dengan kapasitas tampung yang besar tersebut, Bendungan Cipanas diproyeksikan dapat memenuhi air baku untuk kawasan industri di Kabupaten Sumedang sebesar 650 liter/detik dan kebutuhan air minum masyarakat Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu sebesar 200 liter/detik.

Selain itu bendungan ini diharapkan memiliki manfaat untuk menyuplai air irigasi pertanian di Kabupaten Sumedang dan Indramayu seluas 9.273 hektare, khususnya di Daerah Irigasi (DI) Cipanas, Cikawung, dan Cibunut.

Dilansir dari data pu.go.id, Bendungan Raksasa di Sumedang ini menghabiskan anggaran dana sebesar Rp2,03 triliun.

Dengan luas genangan 1.315,95 hektare, bendungan tipe urugan inti tegak ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tampungan air pengendali banjir untuk wilayah Indramayu dan sekitarnya karena mampu mengurangi debit banjir sebesar 488 m3/detik serta memiliki potensi pembangkit listrik sebesar 3 MW.

0 Komentar