China Ingatkan Warga Taiwan Agar Memilih Presiden Dengan Tepat

China Ingatkan Warga Taiwan Agar Memilih Presiden Dengan Tepat
China Ingatkan Warga Taiwan Agar Memilih Presiden Dengan Tepat(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – China Ingatkan Warga Taiwan Agar Memilih Presiden Dengan Tepat

Menjelang Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif Taiwan yang akan digelar pada Sabtu (13/1/2024).

China ingatkan warga Taiwan agar menggunakan hak pilihnya dengan tepat.

Melansir BBC, Jumat (12/1/2024), China mengatakan bahwa kemenangan calon presiden (capres) dari partai yang berkuasa, William Lai, akan menimbulkan bahaya bagi hubungan kedua negara.

Presiden Taiwan yang terpilih apakah bisa mendorong Taiwan dengan China mendekat atau menjauh.

Baca Juga:Megawati Peringatkan KPU dan Bawaslu Bekerja Dengan Bener, Ini Tanggapan KPU dan BawasluTerjadi Bencana Longsor di Cipameungpeuk Sumedang, Akibat Curah Hujan Tinggi

Taiwan dianggap sebagai pusat ketegangan utama dalam persaingan antara China dan Amerika Serikat (AS) untuk mencapai supremasi di wilayah Asia.

Kantor Urusan Taiwan di China mengatakan William Lai akan lebih mendorong kegiatan separatis jika dia terpilih.

Kantor Urusan Taiwan di China menyatakan bahwa orang tersebut akan terus mengadopsi tindakan kriminal dengan memprovokasi konsep ‘kemerdekaan’ dan membawa Taiwan lebih jauh dari perdamaian serta kemakmuran. Sebaliknya, kebijakan tersebut akan mendekatkan Taiwan dengan risiko perang dan kemunduran.

China ingatkan warga Taiwan melalui William Lai dari Partai Progresif Demokratik (DPP) secara pribadi mengajak pemilih untuk memilih jalur yang benar dalam rangka menjaga kedaulatan Taiwan. Sementara itu, lawannya, Hou Yu-ih dari Kuomintang (KMT), juga menyatakan bahwa posisi Lai dapat membahayakan hubungan dengan China.

0 Komentar