Aksi Mulia TNI-Polri Lahan Kritis di Kaki Gunung Geulis Dihijaukan dengan 2000 Pohon

Aksi Mulia TNI-Polri Lahan Kritis di Kaki Gunung Geulis Dihijaukan dengan 2000 Pohon
Aksi Mulia TNI-Polri Lahan Kritis di Kaki Gunung Geulis Dihijaukan dengan 2000 Pohon(istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Aksi Mulia TNI-Polri Lahan Kritis di Kaki Gunung Geulis Dihijaukan dengan 2000 Pohon, Dandim 0610 Sumedang dan Kapolres Sumedang Bersatu, Gelar Penanaman Pohon Seremonial untuk Cegah Bencana di Jatinangor.

Aksi Mulia TNI-Polri Lahan Kritis di Kaki Gunung Geulis Dihijaukan dengan 2000 Pohon

Lahan kritis di kaki Gunung Geulis, Desa Jatiroke, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (Jabar), menjadi sorotan utama setelah Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kavaleri Christian Gordon Rambu M.Si.,(Han) bersama Kapolres AKBP Joko Dwi Harsono, dan sejumlah pejabat Forkopimda meluncurkan aksi penanaman pohon massal pada Senin (15/1/2024).

Mereka tak hanya menanamkan harapan, tetapi juga 2000 pohon jenis keras di lahan yang dinilai kritis tersebut.

Baca Juga:PLN Menggebrak dengan SPKLU Inovatif di Jakarta Revitalisasi Mobilitas HijauRincian Dana Desa 2024 Sumedang 1, Jawa Barat 119 Desa Raih 1 Miliar Rupiah

Aksi penghijauan tersebut melibatkan unsur TNI, Polri, organisasi masyarakat (ormas), pelajar, dan pihak terkait lainnya.

Dandim 0610 Sumedang menyampaikan, “Hari ini, tak kurang dari 2000 pohon jenis keras ditanam di lahan kritis kaki Gunung Geulis Jatiroke dengan melibatkan unsur Kodim 0610 Sumedang, anggota Polres Sumedang, organisasi masyarakat (ormas), pelajar, dan lainnya.”

Sebelumnya, Dandim mengungkapkan bahwa pihaknya sudah gencar melakukan penghijauan dan penanaman pohon di lahan-lahan kritis, terutama di wilayah Kodim 0610 Sumedang.

Upaya ini menjadi respons terhadap minimnya pepohonan dan potensi longsor di beberapa wilayah, termasuk kaki Gunung Geulis Jatinangor.

“Kami juga terus mengajak masyarakat untuk terus melakukan penanaman di sejumlah lahan yang dinilai minim pepohonan dan rawan longsor.

Terlebih, di wilayah Sumedang ini masih banyak lahan kritis termasuk lahan yang rawan bencana longsor,” tukasnya.

Kapolres Sumedang, AKBP Joko Dwi Harsono, turut mengapresiasi kegiatan penghijauan yang digagas oleh Kodim 0610 Sumedang.

Baca Juga:Toko Gadget Terbaik di Sumedang! Temukan Rekomendasi Toko Handphone yang Luar BiasaRevolutionary! SIAPDOL Kabupaten Sumedang Aplikasi Pajak Online Terdepan untuk PBB dan BPHTB

Ia menyatakan, “Polres Sumedang juga masih intens melakukan penanaman pohon di sejumlah titik lahan kritis.

Mengingat, penanaman pohon ditengah musim penghujan ini dinilai sangat relevan dilaksanakan.”

Sementara itu, aktivis lingkungan dan Ketua Forum Komunikasi Pelestarian Gunung Geulis, Saepudin, memberikan apresiasi atas upaya TNI, Polri, dan Pemda dalam menghijaukan lahan kritis kaki Gunung Geulis.

Saepudin menyampaikan harapannya terkait luas lahan kritis di wilayah Kecamatan Jatinangor yang mencapai 80 hektar, termasuk di sekitar perguruan tinggi.

0 Komentar