Kolaborasi Tanggap Darurat: Memulihkan Air Bersih Pasca Longsor di Kampung Cipondok, Subang

Kolaborasi Tanggap Darurat: Memulihkan Air Bersih Pasca Longsor di Kampung Cipondok, Subang
Kolaborasi Tanggap Darurat: Memulihkan Air Bersih Pasca Longsor di Kampung Cipondok, Subang (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Kolaborasi Tanggap Darurat: Memulihkan Air Bersih Pasca Longsor di Kampung Cipondok, Subang.

Bencana longsor yang melanda Kampung Cipondok, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, pada Minggu, 7 Januari 2024, pukul 17.30 WIB, memberikan dampak serius terhadap pasokan air bersih di wilayah tersebut.

Kejadian tersebut mengakibatkan putusnya pipa Perumda Air Minum Tirta Rangga (PDAM) Subang, menghentikan aliran air menuju sekitar 10.000 pelanggan di Kabupaten Subang. Situasi ini menciptakan kesulitan besar bagi masyarakat untuk mendapatkan air bersih.

Baca Juga:Prakiraan Cuaca Sumedang Jumat 19 Januari 2024Kampanye, Rapat Umum dan Iklan Media Massa Dimulai Pada 21 Januari 2024

Direktur Utama Perumda Tirta Rangga, Lukman Nurhakim, menyampaikan bahwa upaya pemulihan distribusi air bersih kepada masyarakat di tiga kecamatan, yaitu Jalancagak, Cisalak, dan Kasomalang, dilakukan dengan cepat.

Tim Perumda Tirta Rangga bekerja keras melakukan pemasangan jaringan air bersih agar pelayanan air minum, yang merupakan kebutuhan dasar, dapat segera teratasi.

PDAM Tirta Rangga, Subang mengatasi masalah ini dengan cara mengambil air dari sumber Pabrik AQUA Subang yang tidak terpakai lagi, lalu mengalirkannya ke saluran PDAM.

Langkah ini memastikan bahwa masyarakat Kabupaten Subang yang menjadi pelanggan PDAM Tirta Rangga kembali mendapatkan pasokan air bersih di rumah masing-masing.

Langkah tersebut mendapat dukungan dari Pjs Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, dan Pjs Bupati Subang, DR Imran, yang memberikan arahan pada saat meninjau lokasi longsor pada 8 Januari 2024.

Keduanya berharap agar pelayanan air bersih kepada masyarakat di Kabupaten Subang, khususnya di tiga kecamatan terdampak, dapat tertangani dengan baik dan segera.

Senior External Relations Manager Danone-AQUA, Murtijo Utomo, menyatakan bahwa Pabrik AQUA Subang turut prihatin dengan bencana longsor di Kampung Cipondok, Kabupaten Subang.

Baca Juga:Disdik Bersikeras Akan Perbaiki Sekolah Rusak Dampak Gempa SumedangPeningkatan Pengendalian Inflasi di Sumedang: Strategi Menghadapi Tantangan Ekonomi Tahun 2024

Pabrik tersebut berkoordinasi dengan otoritas dan pemangku kepentingan setempat untuk melakukan penanggulangan bencana.

Salah satu langkahnya adalah mengalirkan air bersih dari sumber di Pabrik AQUA Subang ke pipa PDAM Tirta Rangga, sehingga masyarakat dapat kembali mendapatkan pasokan air bersih.

Pabrik AQUA Subang juga memberikan bantuan air bersih langsung kepada masyarakat Kampung Cipondok yang terdampak langsung oleh bencana longsor pada 11 Januari 2024.

Hal ini dianggap sebagai tindakan darurat untuk membantu sekitar 138 jiwa di kampung tersebut yang membutuhkan air bersih dengan segera.

0 Komentar