BMKG Melaporkan Kini Sumber Gempa Sumedang Sudah Stabil!

BMKG Melaporkan Kini Sumber Gempa Sumedang Sudah Stabil!
BMKG Melaporkan Kini Sumber Gempa Sumedang Sudah Stabil! (ist/grid)
0 Komentar

sumedangekspres – Pada Jumat, 19 Januari 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan hasil pemantauan terkini terkait aktivitas gempa bumi di Sumedang.

Menurut laporan BMKG, dalam enam bulan terakhir, tidak terjadi aktivitas gempa yang signifikan di wilayah tersebut.

Dalam pernyataan resmi, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menjelaskan bahwa kondisi tektonik sebagai sumber gempa di Sumedang telah menunjukkan stabilitas.

Baca Juga:Menghadapi Ancaman Bullying dan Pelecehan Seksual terhadap Anak, Kejari Sumedang Dorong Peningkatan Edukasi dan LiterasiBidik 3,7 juta Pelaku UMKM, BRI Targetkan Penyaluran KUR Rp165 Triliun Rampung Pada September 2024

Sebelumnya, BMKG telah mengidentifikasi bahwa sumber gempa di Sumedang, yang pertama kali tercatat pada akhir Desember 2023, berasal dari Sesar Sumedang.

Daryono lebih lanjut mengungkapkan bahwa aktivitas gempa bumi di Sumedang mengalami tren magnitudo yang semakin mengecil secara fluktuatif, sementara frekuensi kejadian gempa juga semakin jarang terjadi.

Pemantauan BMKG dari tanggal 31 Desember 2023 hingga 19 Januari 2024 mencatat sebanyak 23 kali gempa berlokasi di darat, khususnya di Kota Sumedang dan sekitarnya.

Sumedang terletak di wilayah Jawa Barat, yang dikenal sebagai kawasan aktif gempa bumitektonik.

Faktor utama penyebab aktivitas gempa di wilayah ini adalah posisinya yang berdekatan dengan zona tumbukan Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia di Samudra Hindia.

Daryono menjelaskan bahwa banyaknya gempa bumi yang terjadi di Jawa Barat disebabkan oleh aktivitas pergerakan Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Lempeng Eurasia di zona subduksi, serta adanya patahan dan sesar aktif di daratan. Hal ini menciptakan ketegangan yang akhirnya dapat memicu gempa bumi.

Meskipun kondisi gempa Sumedang saat ini terbilang stabil, BMKG tetap mendorong masyarakat untuk tetap waspada dan mematuhi prosedur keselamatan yang telah ditetapkan.***

Baca Juga:Mewaspadai Ancaman Demam Berdarah Dengue (DBD): Hujan Menjadi Pemicu!Erick Thohir Menegaskan Kesetaraan di Timnas Indonesia: Tanpa Pembedaan Pemain Diaspora atau Lokal

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai BMKG Melaporkan Kini Sumber Gempa Sumedang Sudah Stabil!

0 Komentar