Lagi Kena Sanksi Internasional, Kim Jong-un Malah Kepergok Pake Mobil Mewah Ini!

Lagi Kena Sanksi Internasional, Kim Jong Un Malah Kepergok Pake Mobil Mewah Ini!
Lagi Kena Sanksi Internasional, Kim Jong Un Malah Kepergok Pake Mobil Mewah Ini!/ist
0 Komentar

sumedangekspres – Dalam sebuah tindakan kontroversial, pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, kembali menjadi sorotan setelah terlihat menggunakan mobil mewah Mercedes-Benz.

Rekaman video yang disiarkan oleh Televisi Sentral Korea Utara menunjukkan Kim Jong-un turun dari SUV hitam mewah dengan tulisan “Ketua Komisi Urusan Negara” di pintu belakangnya.

Pemakaian mobil mewah ini bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya, Kim Jong-un terlihat dalam sedan kelas S Maybach pada Desember tahun lalu dan limusin kelas S Maybach saat meluncurkan rudal balistik antarbenua.

Baca Juga:Hadiri Harlah ke-78 NU, Jokowi Bagi-bagi SepedaNamanya ‘Kabinet Indonesia Maju’, tapi 15 Menteri Ini Kok Siap Mundur?

Menariknya, Korea Utara telah dikenai sanksi internasional yang melarang impor barang-barang mewah ke Pyongyang, termasuk alat transportasi.

“SUV tersebut diduga adalah Mercedes-Maybach GLS 600, model kelas atas keluaran Mercedes-Benz yang dibanderol dengan harga mencapai US$194.000 atau sekitar Rp3 miliar,” seperti dilaporkan oleh The Korea Herald.

Meskipun Mercedes-Benz membantah terlibat dalam bisnis dengan Korea Utara selama lebih dari 15 tahun dan mematuhi embargo AS dan UE, muncul pertanyaan tentang bagaimana kendaraan mewah ini masuk ke Pyongyang.

Perusahaan otomotif Jerman itu menyatakan tengah menyelidiki kasus ini.

“Mercedes-Benz tidak memiliki hubungan bisnis dengan Korea Utara selama lebih dari 15 tahun dan telah secara ketat mematuhi embargo AS dan UE,” kata perusahaan itu dalam pernyataannya kepada Voice of America.

Proses kontrol ekspor yang komprehensif telah diterapkan oleh Mercedes-Benz untuk mencegah pengiriman ke Korea Utara.

Namun, perusahaan menegaskan bahwa penjualan kendaraan oleh pihak ketiga, terutama kendaraan bekas, berada di luar kendali dan tanggung jawab mereka.

Kehadiran mobil mewah ini juga tidak terbatas pada Kim Jong-un, dengan pejabat tinggi Korea Utara, termasuk Perdana Menteri Kim Tok-hun, juga terlihat menggunakan kendaraan mewah asing, seperti sedan Mercedes-Benz.

 

0 Komentar