Langanan Banjir Warga Bangun TPT

Langanan Banjir Warga Bangun TPT
0 Komentar

sumedangekspres, CIMANGGUNG – Pemerintah Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung memberikan langkah preventif dengan membangun tembok penahan tebing (TPT) sepanjang 25 meter di Dusun Cibubuhan, perbatasan RW 08 dan RW 07, Cimanggung. Hal tersebut upaya pencegahan terhadap potensi banjir.

Kepala Desa Cimanggung, Jajang Bahar, membenarkan hal tersebut.

“Pengerjaan proyek menggunakan dana talang. Mengingat peristiwa tanggul jebol yang menyebabkan air meluber ke dalam rumah warga,” beber Jajang.

Menurut Jajang, keputusan untuk membangun TPT tersebut diambil setelah melihat dampak buruk dari kejadian tahun sebelumnya. Banyak rumah warga terdampak banjir karena kerusakan pada TPT, yang memungkinkan air hujan menggenangi rumah-rumah.

Baca Juga:PTPS Harus Berintegritas dan TransparanSamsat Perangi Praktik Percaloan

“Kami melihat kondisi tahun lalu akibat TPT jebol, ada beberapa rumah warga yang terdampak banjir sehingga musim penghujan tahun ini kami mencoba mencegahnya dengan membangun TPT,” ungkapnya.

Langkah proaktif pemerintah desa tersebut mendapat apresiasi dari warga setempat. Mereka merasa lega dan mendukung upaya pemerintah dalam mencegah potensi bencana banjir yang dapat merugikan masyarakat.

Meski menggunakan dana talang, Jajang menegaskan bahwa proyek tersebut menjadi prioritas untuk meningkatkan kualitas hidup warganya dan memberikan rasa aman dari ancaman banjir.

Proses pembangunan TPT sepanjang 25 meter tersebut juga melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat sekitar. Warga bersatu padu dalam membantu kelancaran pelaksanaan proyek, menunjukkan semangat gotong royong yang kental.

“Pemerintah desa juga berkomitmen untuk melibatkan warga dalam pemeliharaan TPT setelah selesai dibangun, sebagai langkah preventif jangka panjang,” ucapnya.

Dalam perspektif keberlanjutan, pemerintah desa melihat proyek tersebut bukan hanya sebagai solusi sesaat, melainkan investasi untuk masa depan.

Ia mangatakan pembangunan TPT diharapkan dapat memberikan perlindungan yang berkelanjutan terhadap potensi bencana banjir, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Baca Juga:Ratusan Ijazah Masih Ditahan SekolahPj Bupati Minta Kadis Lebih Serius untuk Mewujudkan Beyond Sehati

“Keseluruhan, proyek ini mencerminkan komitmen pemerintah desa dalam memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada warganya,” ujarnya. (kos)

 

0 Komentar