Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG: Siklon Tropis Anggrek Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG: Siklon Tropis Anggrek Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia
Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG: Siklon Tropis Anggrek Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia (ist/pin)
0 Komentar

sumedangekspres Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini terkait potensi cuaca ekstrem yang berpotensi melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Kejadian ini diprediksi akan terjadi mulai dari hari Minggu (21/1/2024) hingga Senin (22/1/2024).

Menurut BMKG, potensi cuaca ekstrem ini melibatkan hujan lebat, petir, dan angin kencang. Penyebab utama dari keadaan cuaca tersebut adalah adanya Siklon Tropis Anggrek yang terdeteksi berada di Samudera Hindia barat daya Bengkulu.

Siklon ini memiliki kecepatan angin maksimum mencapai 45 knots, tekanan udara sebesar 993 hPa, dan bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga:Ketua DPR RI Puan Maharani Mendorong Cawapres Tunjukkan Visi dan Misi di Pilpres 2024Ancaman Keamanan Masa Kini: Kapolres Metro Jakarta Pusat Ingatkan Masyarakat tentang Maraknya Kejahatan Teknologi

Beberapa wilayah yang diperkirakan akan terdampak oleh cuaca ekstrem ini pada tanggal 21 hingga 22 Januari 2024, antara lain: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti petunjuk serta informasi resmi dari BMKG dan pihak berwenang setempat. Tindakan pencegahan perlu diambil untuk mengurangi potensi dampak buruk yang mungkin timbul akibat cuaca ekstrem ini.***

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai Peringatan Dini Cuaca Ekstrem dari BMKG: Siklon Tropis Anggrek Mengancam Sejumlah Wilayah Indonesia.

0 Komentar