Optimisme Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang: Target Kawin 12.607 Sapi dengan Inseminasi Buatan Tahun 2024

Optimisme Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang: Target Kawin 12.607 Sapi dengan Inseminasi Buatan Tahun 2024
Optimisme Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang: Target Kawin 12.607 Sapi dengan Inseminasi Buatan Tahun 2024Optimisme Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang: Target Kawin 12.607 Sapi dengan Inseminasi Buatan Tahun 2024 (ist/ilustrasi/pin)
0 Komentar

sumedangekspres – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang memasang target ambisius untuk melakukan inseminasi buatan (IB) pada tahun 2024 sebanyak 12.607 ekor sapi.

Kabupaten Sumedang menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun lalu yang mengelola sebanyak 10.520 ekor sapi pada tahun 2023 dengan metode IB berpasangan.

Novi Sri, Kepala UPTD Pembibitan Diskanak Sumedang menjelaskan, peningkatan tujuan ini seiring dengan semangat positif yang saat ini menjadi ciri khas usaha Peternakan Sapi Sumedang.

Baca Juga:Krisis Bendung Cihamerang: Puluhan Keluarga Menunggu Kepastian di Tengah Ancaman LongsorPeningkatan Layanan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC): Hadirkan 2 Intermoda Baru

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran 21 inseminator sapi potong dan 4 inseminator sapi perah yang selalu siap memenuhi permintaan IB para peternak.

Novi Sri juga menegaskan bahwa ketersediaan sperma untuk IB, atau yang dikenal dengan istilah “semen beku” (straw), sangat mencukupi. Peternak di Sumedang memiliki kebebasan untuk memilih jenis sapi sesuai dengan keinginan mereka, seperti Simetal, Limosin, Pasundan, PO, atau Brahma.

Saat ini populasi sapi di Kabupaten Sumedang tersebar di beberapa kecamatan. Secara umum para peternak lebih memilih IB dibandingkan perkawinan alami, karena tingkat keberhasilan kecerdasan buatan yang tinggi.

Selain itu, keturunan yang dihasilkan dengan cara ini memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi sehingga menjadi keuntungan bagi para peternak.Tren ini diperkuat dengan banyaknya peternak di Sumedang yang kini menghindari perkawinan alami. Dengan memilih IB, mereka dapat mengoptimalkan performa reproduksi sapi dan memastikan keturunan yang dihasilkan memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Keberhasilan target IB sebanyak 12.607 ekor sapi seharusnya membawa manfaat ekonomi bagi peternak namun juga meningkatkan kualitas dan produktivitas sapi di Kabupaten Sumedang.

Diskanak Sumedang berkomitmen untuk terus mendukung para peternak dalam pengembangan usaha peternakannya melalui inovasi dan peningkatan teknologi peternakan seperti IB.

Dengan begitu, Sumedang bisa tetap menjadi pusat pertanian dan peternakan terbaik di Indonesia.***

Baca Juga:Anies Baswedan Mendorong Netralitas Menteri dalam Pilpres 2024Tren Elektabilitas Pasangan Capres-Cawapres di Balik Kampanye Akbar Pemilu 2024

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai Optimisme Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang: Target Kawin 12.607 Sapi dengan Inseminasi Buatan Tahun 2024.

0 Komentar