Presiden Joko Widodo Menyaksikan Penyerahan Simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk Penguatan Pertahanan Udara Indonesia

Presiden Joko Widodo Menyaksikan Penyerahan Simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules
Presiden Joko Widodo Menyaksikan Penyerahan Simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules (tangkapan layar/yt)
0 Komentar

sumedangekspres – Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyaksikan penyerahan secara simbolis pesawat Super Hercules C-130J-30 di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan pesawat tersebut kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai langkah konkrit memperkuat pertahanan udara Indonesia.

Pesawat Hercules itu dinilai sangat strategis untuk negara sebesar Indonesia dengan kondisi geografis yang beragam dan landasan pacu yang agak pendek.

Baca Juga:Masyarakat Sumedang Diminta Tenang dan Siap Hadapi Potensi Gempa BumiOJK Memastikan Kebijakan Aturan Batas Bunga dan Denda Berlaku, Namun Ada Perusahaan Fintech P2P Lending yang Melanggar!

Terkait hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih atas ketersediaan pesawat Super Hercules C-130J-30 yang merupakan pesawat keempat dari lima pesanan Kementerian Pertahanan RI.

Pesawat angkut berat C-130J-30 Super Hercules dengan tail number A-1344 ini menempuh perjalanan panjang dari pabrik Lockheed Martin Global di Marietta, Georgia, Amerika Serikat.

Diterbangkan ke tanah air pada tanggal 16 Januari 2023, pesawat tiba dengan selamat di Lanud Halim Perdanakusuma pada tanggal 22 Januari 2024.

Penerbangan ferry pesawat ini dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 31 Letkol Pnb Alfonsus Fatma Astara Duta, dengan didampingi oleh sejumlah personel ahli dari Lockheed Martin, termasuk Richard Anthony, John Justin, Rolland Mark, dan Robert John.

Program pengadaan lima pesawat Super Hercules C-130J-30 yang dilakukan Kementerian Pertahanan RI merupakan bagian dari upaya meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan pertahanan udara Indonesia.

Terkait hal tersebut, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menegaskan komitmen pemerintah untuk memperkuat dan meningkatkan pertahanan negara seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan keamanan yang semakin kompleks.

Dengan penyerahan secara simbolis ini, TNI AU diharapkan memiliki kekuatan dan mobilitas yang semakin optimal dalam menjalankan misinya, khususnya dalam mendukung kebijakan pertahanan dan keamanan negara.

Baca Juga:Pencapaian dan Tantangan Energi Terbarukan di Jawa BaratOptimisme Dinas Perikanan dan Peternakan Sumedang: Target Kawin 12.607 Sapi dengan Inseminasi Buatan Tahun 2024

Pesawat C-130J-30 Super Hercules merupakan salah satu aset penting yang berkontribusi dalam menjaga kedaulatan udara Indonesia.***

Demikian merupakan artikel pembahasan mengenai Presiden Joko Widodo Menyaksikan Penyerahan Simbolis Pesawat C-130J-30 Super Hercules untuk Penguatan Pertahanan Udara Indonesia.

0 Komentar