Jelang Pemilu, KPU Lakukan Simulasi

IMBAU: Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi seusai memantau jalannya simulasi proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 12, di Desa Padasuka, kemarin.
IMBAU: Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi seusai memantau jalannya simulasi proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 12, di Desa Padasuka, kemarin.
0 Komentar

sumedangeskpres – KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang melakukan gelar simulasi proses pemungutan suara di tempat pemungutan suara (TPS) 12, di Desa Padasuka. Kegiatan dilakukan di lapang Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara, Rabu (31/1).

Ketua KPU Kabupaten Sumedang Ogi Ahmad Fauzi mengatakan, kegiatan simulasi dilakukan sebagai upaya untuk memberikan gambaran baik kepada para petugas pemilihan maupun masyarakat, ihwal proses pencoblosan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Dikatakan, ada sebanyak 248 pemilih yang dilibatkan dalam simulasi. Jadi petugas TPS tersebut adalah riil, sesuai denagn lokasi penempatan.

Baca Juga:Herman Targetkan RPJPD Terbaik di JabarMati Mesin, Tronton Terguling, Rumah Warga Hampir Jadi Korban

Ogi mengatakan, tujuan dari simulasi adalah sosialisasi kepada KPPS mengenai tata cara pemungutan suara.

“Ada sesuatu yang baru pada kegiatan hari ini yaitu terkait dengan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap),” tambahnya.

Terkait dengan bilik suara, menurutnya relatif lebih luas dibandingkan sebelumnya.

“Cuman masalahnya, pada saat mereka kembali melipat seperti sedia kala itu butuh durasi. Tadi kami juga coba simuasikan pemilih yang Daftar Pemilih Khusus (DPK) kemudian pemilih Pemilih masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) supaya KPPS ini juga nanti di lapangan tahu, bila ada pemilih yang hanya datang membawa KTP saja,” jelasnya.

Dikatakan, salah satu hambatan dalam simulasi tersebut adalah rawanya terjadi hujan.

“Jika terkendala cuaca, atau seperti tadi jam 7 misalnya belum banyak yang datang, tapi apapun kondisinya kita harus sesuai dengan ketentuan kalau jam 07.00 dimulai, ya mau dalam hujan atau segala macam jam 7 sudah kita mulai,” paparnya.

Dalam simulasi tampak hadir Kapolres Sumedang, Kasdim 0610 Sumedang, Bawaslu, Kapolsek, Danramil Sumedang Utara, Panwascam Sumedang Utara beserta Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) Desa Padasuka. (red)

0 Komentar