Pria Dikatakan Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung! Benarkah?

Pria Dikatakan Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung! Benarkah?
Pria Dikatakan Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung! Benarkah? (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi di sekitar kita. Jantung tentunya menjadi bagian tubuh yang paling vital.

Biasanya penyakit jantung disebabkan oleh kondisi pembuluh darah pada jantung, selaput jantung, katup jantung, dan juga otot jantung mengalami gangguan.

Selain itu penyakit jantung juga bisa saja terjadi karena adanya kerusakan otot-otot jantung dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh, yang disebabkan oleh kekurangan oksigen yang dibawa darah menuju ke pembuluh darah di jantung.

Baca Juga:Penyakit Jantung Koroner: Penyumbatan Arteri Coronary yang Merupakan Ancaman SeriusDr Aqua Dwipayana: Sikap Empati dan Resposif Atas Semua Kebutuhan Masyarakat Pesisir Harus Menjadi Kemampuan dan Mendasar Bagi Setiap Personel Ditpolairud

Juga bisa terjadi karena adanya kejang pada otot jantung yang menyebabkan kegagalan organ jantung dalam memompa darah sehingga jantung tidak bisa melaksanakan fungsinya dengan baik.

Tentu saja penyakit jantung tidak hanya menyerang di usia tua, namun juga bisa saja menyerang disegala usia, termasuk di usia muda sekalipun.

Karena kini sudah banyak anak muda yang ternyata memilki penyakit jantung, tentunya dikarenakan banyak faktor.

Dan juga di segala jenis kelamin, baik itu pria ataupun wanita.

Namun dalam sebuah penelitian dari Lousiana Heart and Vascular, menunjukan bahwa jenis kelamin pria ternyata lebih rentan dalam terkena penyakit jantung. Kok bisa? Yuk simak selengkapnya!

Dalam jurnal penelitiannya, Dr. Farhad Aduli dan juga tim mengumpulkan informasi terkait dengan apakah benar jenis kelamin berpengaruh dalam beresikonya terjadi suatu penyakit, khususnya yang sedang dibahas yakni penyakit jantung.

Peran Hormon

Pria cenderung terkena penyakit jantung lebih awal dibandingkan wanita karena faktanya wanita dilindungi oleh estrogen dan progesteron hingga mereka melewati masa menopause.

Baca Juga:Mengandung Kolagen Tinggi! 5 Buah Ini Bisa untuk Menjaga Kesehatan KulitMenteri Pertanian Andi Amran Sulaiman Tingkatkan Produksi Pangan di Kabupaten Sumedang

Karena pria hanya memproduksi sedikit dari estrogen dan progesteron, mereka tentunya tidak memiliki perlindungan yang sama seperti wanita.

Ternayat sebaliknya, karena pria hanya mengandalkan testosterone yang juga dapat berpengaruh terhadap Kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa testosteron yang dimiliki pria akan menurun setelah usia 40 tahun dan hal tersebut ditemukan berhubungan dengan peningkatan semua penyebab kematian dari juga resiko kardiovaskular (gangguan pada bagian jantung dan pembuluh darah).

Penumpukan Kolesterol

Pria memiliki jantung dan pembuluh darah yang lebih besar dibandingkan wanita, dan kolesterol cenderung menumpuk dan membentuk plak di arteri utama. Namun pada wanita penumpukan kolesterol sering ditemukan di pembuluh darah yang lebih kecil.

0 Komentar