Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dalam Pusaran Pemilu 2024

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dalam Pusaran Pemilu 2024
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Dalam Pusaran Pemilu 2024 (Ade Sunarya: anggota KAHMI, Pemerhati Demokrasi dan Pemilu)
0 Komentar

Sedangkan untuk pemilihan anggota DPD adalah dari calon perseorangan yang mendapat dukungan dibuktikan dengan daftar yang ditandatangani atau cap jempol, dan dilampirkan fotokopi ktp pendukung, minimal 50 persen dari jumlah kabupaten/kota di provinsi daerah asal calon.

Berdasarkan Pasal 183 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Jumlah dukungan minimal itu bervariasi, tergantung jumlah pemilih di provinsi daerah asal calon DPD, yaitu: Pertama, minimal 1.000 dukungan di provinsi dengan jumlah pemilih kurang dari 1 juta. Kedua, minimal 2.000 dukungan di provinsi dengan jumlah pemilih 1-5 juta. Ketiga, minimal 3.000 dukungan di provinsi dengan jumlah pemilih 5-10 juta.  Keempat, minimal 4.000 dukungan di provinsi dengan jumlah pemilih 10-15 juta. Kelima, minimal 5.000 dukungan di provinsi dengan jumlah pemilih lebih dari 15 juta.

Diaspora alumni HMI dalam Pileg (DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota) tersebar di berbagai partai politik, beberapa tokoh, diantaranya: Anas Urbaningrum mantan Ketua Umum PB HMI 1997-1999 (Ketua Umum PKN), Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN), Saan Mustopa (NasDem), Mohammad Arwani Thomafi (PPP), Hidayat Nur Wahid (PKS), Pramono Anung Wibowo (PDIP), Bambang Soesatyo (Golkar), Syarifuddin Suding (Hanura), Desmond Junaidi Mahesa (Gerindra), dan lain-lain. Begitupun untuk pemilihan DPD dari calon perseorangan, terdapat banyak alumni HMI.

Baca Juga:5 Rekomendasi Handuk Truu Terbaik 2024, Tebal Dan Halus Saat Menyentuh KulitBaca Not Your Typical Reincarnation Story Bahasa Indonesia Chapter 32, Link dan Spoiler

Sebagaimana tujuan HMI yaitu terbinanya insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Alloh SWT. Tujuan tersebut dapat diwujudkan secara efektif manakala dilakukan oleh segenap anggota dan alumni HMI dengan senantiasa berhimpun dan berkiprah di semua bidang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Semoga perhelatan Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang berjalan dengan lancar, aman, dan damai, demi kemaslahatan umat dan bangsa dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Siapapun yang terpilih nanti baik itu pasangan capres-cawapres maupun caleg adalah pemimpin dan wakil rakyat yang terbaik untuk kejayaan RI dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Dirgahayu HMI ke 77, Yakin Usaha Sampai.

Oleh : Ade Sunarya (Anggota KAHMI, Pemerhati Demokrasi dan Pemilu)

0 Komentar