Jangan Gunakan 5 Bahan Aktif Skincare Ini Berbarengan Dengan Retinol!

Jangan Gunakan 5 Bahan Aktif Skincare Ini Berbarengan Dengan Retinol!
Jangan Gunakan 5 Bahan Aktif Skincare Ini Berbarengan Dengan Retinol! (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Bahan aktif skincare ini jangan digunakan berbarengan dengan retinol. Apa saja ya?

Retinol merupakan salah satu bentuk vitamin A yang dapat digunakan dalam produk perawatan kulit wajah, khususnya produk anti-aging.

Retinol kerap kali digunakan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit. Dengan konsentrasi retinol mulai dari 0,01-3%.

Baca Juga:Rekomendasi 4 Skincare Bayi New Born, Yuk Simak Cara Memilihnya!Koreng Mengganggu Penampilan? Begini cara Menghilangkannya

Jenis retinol yang bisa didapatkan secara bebas di toko atau apotek adalah adapalene, retinaldehyde, dan retinyl palmitate.

Sedangkan, jenis retinol seperti isotretinoin, tazarotene, tretinoin harus menggunakan resep dokter karena memiliki efek samping kuat pada kulit.

Retinol bagus untuk mencegah penuaan dini. Namun ternyata ada 5 bahan aktif skincare yang tidak boleh digunakan berbarengan dengan retinol, diantaranya:

1. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Lactic acid merupakan turunan AHA yang paling sering dijumpai pada kosmetik dan jangan digunakan bersamaan dengan retinol.

Kombinasi keduanya bisa mengakibatkan ruam kemerahan dan reaksi alergi.

2. Vitamin C

Menggunakan retinol dan vitamin C secara bersamaan berpotensi menyebabkan iritasi dan menjadikan kulit menua dengan lebih cepat.

Krim atau lotion yang mengandung retinol sebaiknya digunakan di malam hari saja.

3. Benzoyl Peroxide

Obat jerawat dengan benzoyl peroxide dan krim retinol jika digunakan bersamaan akan saling menetralkan khasiat satu sama lain.

Baca Juga:Dampak Buruk Jika Kamu Gonta Ganti Produk Skincare Terus, Hati-Hati!Gaya Modern Ganjar Pranowo dan Mahfud Md dalam Debat Terakhir Pilpres 2024

Jadi, obat jerawat yang Anda pakai pun akhirnya tidak bisa mengatasi masalah kulit.

4. Salicylic Acid

Menggunakan obat jerawat dengan salicylic acid dan krim retinol pada saat bersamaan bisa menyebabkan kekeringan dan kemerahan.

5. Beta Hydroxy Acids (BHA)

Pakar kulit, Dr. Hadley King mengungkapkan bahwa Alpha dan beta hydroxy acids (BHA) bisa menjadikan beberapa formulasi retinoid topikal kurang efektif karena pH-nya.

Itulah beberapa bahan aktif skincare yang jangan digunakan berbarengan dengan retinol.

 

0 Komentar