Amalan Isra Miraj 2024, Dijamin Hajat Kamu Langsung Terkalbul

Amalan Isra Miraj 2024, Dijamin Hajat Kamu Langsung Terkalbul/pexels
Amalan Isra Miraj 2024, Dijamin Hajat Kamu Langsung Terkalbul
0 Komentar

sumedangekspres –  Malam 27 Rajab 1445 H, yang jatuh pada tanggal 8 Februari 2024, adalah momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Malam yang dikenal sebagai malam Isra Miraj, sebuah peristiwa luar biasa yang menjadi tonggak sejarah dalam kehidupan Rasulullah Muhammad SAW, menyediakan kesempatan berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah dan ketakwaan mereka.

Isra Miraj adalah peristiwa ketika Rasulullah SAW dijemput oleh malaikat Jibril dan diperjalankan dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha di Palestina, dan dari sana beliau diperjalankan ke langit-langit yang lebih tinggi hingga ke Sidratul Muntaha. 

Baca Juga:Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Maag dan Gerd!7 Cara Hidup Sehat yang Gampang Banget Diterapin Sehari-hari!

Perjalanan ini tidak hanya menghadirkan pengalaman spiritual yang luar biasa bagi Nabi Muhammad SAW, tetapi juga membawa pesan-pesan penting bagi umat manusia.

Dalam mengenang malam Isra Miraj, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan berbagai amalan yang dapat meningkatkan ketakwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam 27 Rajab:

1. Doa Malam Isra Miraj

Malam Isra Miraj adalah waktu yang sangat istimewa untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca pada malam ini adalah:

“اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ”

Artinya: “Ya Allah dengan keagungan diperlihatkannya rahasia orang-orang pecinta, dan dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang hanya Engkau khususkan kepada pimpinan para rasul. Ketika Engkau memperjalankannya pada malam 27 Rajab, sungguh aku memohon kepada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang sedih dan Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan,”

2. Sholat Sunnah Malam 27 Rajab

Sholat sunnah merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada malam 27 Rajab.

Menurut penjelasan dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Ghazali, sholat sunnah pada malam ini dapat dilakukan dengan jumlah rakaat 12.

Shalat dilakukan dengan dua rakaat yang ditutup salam.

Baca Juga:Jangan Salah! Ternyata Penyakit Asma Ada Jenisnya!Inilah 10 Cara Mengatasi Stres dan Cemas Berlebihan

Setelah menyelesaikan sholat sunnah, dianjurkan untuk membaca zikir Isra Miraj sebagai bentuk pengingat akan peristiwa luar biasa tersebut.

3. Memperbanyak Dzikir

Dalam perjalanan Isra Miraj, Rasulullah SAW bertemu dengan Nabi Ibrahim AS di langit ketujuh yang kemudian mengajarkan kalimat dzikir yang sangat dianjurkan untuk diamalkan pada malam 27 Rajab.

0 Komentar