Bisnis Ternak Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi

Bisnis Ternak Ikan Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi
Bisnis Ternak Ikan Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi ( Foto : id.theasianparent.com)
0 Komentar

b. Secara fisik sempurna, tidak ada bagian tubuh yang terluka, hilang dan ukurannya seragam

c. Ikan lele yang sehat memiliki Gerakan yang lincah

d. Warna yang sedikit terang

e . Gesit dan agresif saat diberi makan

Sebagai gambaran, untuk kolam dengan ukuran 2 x 3 meter dapat diisi dengan 1.000 bibit ikan lele.

4. Pemberian Pakan Ikan Lele

Nah, hal tidak kalah penting dalam bisnis ternak lele adalah dalam memberikan pakan. Ikan lele adalah jenis hewan pemakan segalanya.

Baca Juga:Bisnis Warung Indomie, Dapatkan Omset Jutaan Rupiah PerbulanRidwan Kamil Mengklaim Suara Prabowo Bakal Capai 60 Persen di Jawa Barat

Namun pada umumnya pakan ikan lele adalah pelet namun ada juga pakan alternatif lain seperti bekicot yang sudah direbus, eceng gondok, cacing tanah dan lain-lain. 

Berikan pakan lele setiap 3 kali sehari, dengan interval 8 jam sekali. Pemberian makan juga secukupnya saja untuk menghindari sisa-sisa makanan yang akan membuat kolam semakin kotor.

5. Pencegahan Penyakit dan Proses Panen

Nah, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam bisnis ternak lele adalah pencegahan penyakit. Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan pemantauan terhadap kesehatan ikan lele dan juga kebersihan kolam.

Dengan mengganti air secara rutin dapat menghindari ikan lele dari berbagai penyakit.

Ganti air kolam usaha ternak lele jika terjadi hujan atau jika tercium bau yang tidak sedap. Teknik pergantian air kolam budidaya lele yang benar yaitu dengan mengganti 50% dari total volume air yang ada pada kolam. 

Usahakan mengganti bagian air paling bawah pada kolam, karena bagian tersebut mengandung racun yang berbahaya untuk ikan lele. 

Sebelum mengganti air, puasakan ikan lele mulai dari 12 hingga 24 jam. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan ikan lele dari stres. Karena jika ikan lele stress, akan memuntahkan makanan yang sudah diberikan.

Baca Juga:Temu Kader Prabowo di Bandung Membludak, Ridwan Kamil: Tanda Kecintaan pada 02Temu Kader Dihadiri Ribuan Orang, PAN Optimistis Prabowo-Gibran Raih 60% di Jabar

Dan dalam proses memanen pada umumnya siklus budidaya ikan lele mulai dari bibit hingga siap dipanen atau dipasarkan yaitu membutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan.

6. Lakukan Promosi dan Pemasaran

Dan tidak kalah pentingnya dalam berbisnis adalah dengan melakukan promosi dan pemasaran. 

Untuk promosi sobat bisa mencari partner atau teman agar bisa membantu menjual hasil ternak lele sobat. Selain mencari partner untuk promosi sobat juga bisa memanfaatkan media sosial untuk promosi.

0 Komentar