Bisnis Ternak Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi

Bisnis Ternak Ikan Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi
Bisnis Ternak Ikan Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi ( Foto : id.theasianparent.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Bisnis Ternak Lele Raup Omset Jutaan Rupiah, Berikut Tipsnya Agar Tidak Rugi

Membuka bisnis ternak lele adalah satu bisnis ternak yang banyak dilakukan di Indonesia adalah.

Bisnis ternak lele ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena banyaknya pasar yang menggunakan olahan ikan lele. Seperti rumah makan- rumah makan, restoran, ataupun di warung makan-warung makan.

Baca Juga:Bisnis Warung Indomie, Dapatkan Omset Jutaan Rupiah PerbulanRidwan Kamil Mengklaim Suara Prabowo Bakal Capai 60 Persen di Jawa Barat

Banyaknya masyarakat yang menyukai olahan daging ikan lele, selain rasanya yang lezat hidangan lele bakar juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. 

Dilansir dari Food and Drug Administration (FDA), setiap 100 gram ikan lele mengandung 105 kalori, 18 gram protein, 2,9 gram lemak, vitamin B12, kalium, dan kandungan gizi lainnya.

Nah, bagaimana sobat apakah mulai tertarik untuk memulai bisnis ternak lele?, berikut adalah tips memulai bisnis ternak lele agar bisa meraup jutaan rupiah dan tips agar tidak rugi.

1. Cari Pemasok Benih Yang Terbaik dan Murah

Tips yang pertama dalam memulai bisnis ternak lele adalah dengan mencari pemasok benih yang terbaik dan juga memiliki harga yang relatif murah.

Sobat bisa mencari bibit lele di tempat budidaya iklan lele dalam skala besar atau rumahan dan bekerja sama dengan Balai Pengembangan Budidaya Air Tawar (BPBAT) di daerah sobat.

Salain itu juga sobat juga bisa mencari di pasar online atau marketplace yang menjual bibit ikan lele.

2. Siapkan Kolam 

Langkah berikutnya yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis ternak lele adalah dengan menyiapkan tempat budidaya ikan lele atau kolam.

Baca Juga:Temu Kader Prabowo di Bandung Membludak, Ridwan Kamil: Tanda Kecintaan pada 02Temu Kader Dihadiri Ribuan Orang, PAN Optimistis Prabowo-Gibran Raih 60% di Jabar

Untuk kolam ikan lele cukup beragam seperti, kolam terpal, kolam bioflok, kolam beton, ataupun kolam ember.

Penyedian kolam itu bisa disesuaikan dengan kesiapan modal yang sudah sobat siapkan.

3. Pilih Bibit Unggul

Langkah ketiga dalam memulai bisnis ternak lele adalah dengan memilih bibit ikan lele yang berkualitas baik atau unggul. Kualitas bibit lele yang unggul sangat menentukan keberlangsungan bisnis ternak lele sobat.

Brikut adalah cara memilih bibit ikan lele yang unggul.

a. Usahakan pilih bibit berumur 2 minggu dan panjang sekitar 7 hingga 9 cm

0 Komentar