Deretan Makanan yang Bisa Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Deretan Makanan yang Bisa Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
Deretan Makanan yang Bisa Meningkatkan Penyerapan Nutrisi (capture/freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Deretan makanan ini ternyata bisa meningkatkan penyerapan nutrisi loh! Ada kombinasi makanan apa saja ya? Simak selengkapnya!

Menurut World Health Organization (WHO) definisi nutrisi adalah kandungan zat gizi yang seseorang peroleh dari sumber makanan dan minuman yang berguna untuk kesehatan dan pembangunan sel tubuh.

Nutrisi lebih mengarah pada proses makanan yang dicerna oleh tubuh.

Nutrisi yang baik, berarti tubuh mendapatkan asupan yang tepat dari makanan sehat dalam kombinasi yang tepat.

Jenis-jenis nutrisi terbagi 2 yakni makronutrien dan juga mikronutrien.

Baca Juga:Penyaluran Bantuan Pangan Beras Dilanjutkan pada 15 Februari oleh Perum BulogHybrid Makeup, Kombinasi Makeup dan Perawatan Kulit

Makronutrien diantaranya karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan Mikronutrien yakni mineral dan juga vitamin.

Dengan mengonsumsi makanan tertentu secara bersamaan ternyata bisa meningkatkan penyerapan nutrisi yang tentunya akan  membawa dampak positif bagi kesehatan.

Namun makanan apa saja yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi, diantaranya:

1. Paha Ayam dan Ubi, kandungan Vitamin A yang tinggi pada ubi membutuhkan seng untuk memudahkan penyerapan vitamin A.

Kandungan seng yang tinggi terdapat pada daging khususnya daging ayam.

2. Bubur dan Beri Biru, dengan kandungan vitamin c yang terdapat pada beri biru ditambahkan dalam oat phytochemicals (senyawa kimia alami pada tanaman), maka khasiat oat untuk menurunkan kolesterol dan melindungi arteri semakin meningkat.

3. Kunyit dan Lada Hitam, dengan kandungan curcumin yang terdapat dalam kunyit dan nutrisi tersebut sulit diserap maka dibutuhkan piperani yang terdapat dalam lada hitam untuk membantu proses penyerapan.

4. Tomat dan Minyak Zaitun, minyak zaitun kaya akan kroten seperti tomat yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi. Tomat juga memiliki kandungan likopen dan bisa mengurangi kadar kolesterol dan mencegah peradangan.

5. Susu dan Pisang, kombinasi makanan yang kaya akan kalsium dengan makanan yang kaya akan serat yang bernama inulin.

Baca Juga:Manfaat Serai untuk Kesehatan Kulit, Ternyata Bikin Kulit Glowing!Ternyata Bahan Alami Ini Ampuh untuk Menghilangkan Milia!

Biasanya terdapat dalam pisang, bawang bombai, dan gandum utuh, yang tentunya akan meningkatkan proses penyerapan mineral.

6. Apel dan Cokelat Hitam, dengan kombinasi tersebut dapat meningkatkan kesehatan jantung karena kulit apel yang mengandung flavonoid quercetin yang berfungsi untuk zat anti peradangan dalam tubuh.

0 Komentar