TPAS Cijeruk Tak Terima Sampah dari Luar Sumedang

TPAS Cijeruk Tak Terima Sampah dari Luar Sumedang
TPAS Cijeruk Tak Terima Sampah dari Luar Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres, PEMULIHAN – Tempat pembuangan akhir sementara (TPAS) Cijeruk, Kecamatan Pamulihan, akan segera dijadikan TPA khusus, untuk sampah warga Sumedang. Pj Sekda Sumedang, Tuti Ruswanti mengatakan, TPA Cijeruk tidak akan menerima sampah dari luar wilayah Sumedang.

“lni sebagai upaya untuk membatasi jumlah sampah yang masuk ke TPA tersebut dan menjaga kapasitasnya agar tidak terlampaui,” ucap Tuti, baru-baru ini.

Bahkan Tuti menyebutkan, TPA Cijeruk tidak akan menerima sampah dari Kota Bandung, seperti yang sempat diwacanakan sebelumnya. Alasannya, karena sarana dan kapasitas TPA tersebut belum memadai untuk menerima sampah dari luar wilayah Sumedang.

Baca Juga:Seleksi PPPK Sampai Tahap Usul Penetapan Nomor IndukDistribusi Miras Sampai ke Pelosok, Satpol PP Sita Bir Hingga Arak dari Kios-kios Kecil

“Sampah dari Kota Bandung tak ada yang dibuang ke TPA Cijeruk. Karena, sarana dan kapasitas TPA pun kita sangat terbatas, sehingga apabila ditambah dari luar juga itu tidak akan bisa tertampung,” jelas Tuti.

Dikatakan, komitmen untuk menjadikan TPA Cijeruk sebagai tempat pembuangan akhir khusus untuk wilayah Sumedang, merupakan langkah yang penting dalam mengelola sampah secara efektif dan bertanggung jawab. Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi masalah pencemaran lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumedang.

“Pemerintah Kabupaten Sumedang juga berencana untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan ini. Diharapkan, dengan adanya sosialisasi, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan dapat mendukung kebijakan pemerintah dalam hal ini,” ujarnya.

Meskipun demikian, menurutnya, masih dibutuhkan kerjasama antara pemerintah daerah, masyarakat dan pihak terkait lainnya dalam mengelola sampah secara berkelanjutan. 

“Langkah-langkah strategis dan kebijakan yang bijaksana perlu terus dilakukan guna menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di wilayah Sumedang,” tuturnya.

Menurut Tuti, Dinas PUTR Kabupaten Sumedang akan segera melakukan perbaikan jalan menuju TPA Cijeruk di Kecamatan Pamulihan, karena tempat tersebut akan segera difungsikan sebagai TPA. 

“Rencana ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah Sumedang dalam mengelola masalah sampah dengan lebih baik,” ujarnya. (kos)

0 Komentar