Hantu Kuyang Asli Makan Bayi dan Doa Untuk Mengusirnya

Hantu Kuyang Asli Makan Bayi dan Doa Untuk Mengusirnya
Hantu Kuyang Asli Makan Bayi dan Doa Untuk Mengusirnya (ist)
0 Komentar

 

2. Muncul Ritual Pengusir Kuyang

Munculnya kabar mengenai keberadaan Kuyang yang mengancam keselamatan banyak orang khususnya bayi yang baru lahir, muncullah ritual-ritual serta amalan yang dipercaya bisa mengusir hantu Kuyang.

Ritual dan amalan tersebut kemudian menjadi sebuah kegiatan turun temurun.

 

3. Kuyang Hanya Pesan Moral

Sebagian orang yang berpikir logis lebih memilih memercayai hantu Kuyang ini sebagai sebuah cara komunikasi orang dulu untuk menyampaikan nilai-nilai moral dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat pada waktu dulu.

 

4. Kuyang Jadi Kekayaan Budaya

Kabar keberadaan Kuyang yang diberikan secara turun temurun menjadi sebuah kekayaan budaya di Indonesia yang mesti dilestarikan.

Baca Juga:Bukannya Menakutkan, Hantu Reng Tua Malem Malah Dicari-cari Oleh Warga Madura15 Erek Erek Hantu 2D, 3D, 4D Dari Mulai Mimpi Dikejar Hantu Sampai Ditemani Hantu Ramah

Dengan mencari informasi mendalam mengenai mitos Kuyang ini akan membawa seseorang kepada sebuah pemahaman warisan budaya serta kepercayaan lokal di masyarakat.

Walaupun dianggap sebagai mitos dan sebatas cerita seram, mitos tentang Kuyang ini mencerminkan bagaimana warga Indonesia menyampaikan nilai melalui tradisi lisan.

Doa Mengusir Kuyang

Jika keberadaan Kuyang benar adanya, maka bisa dipastikan bahwa Kuyang adalah salah satu bentuk setan yang menjadi musuh manusia.

Berdasarkan Quran Surat Fathir ayat 6 Allah SWT berfirman:

Arab: إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya: Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.

Lantas, agar dapat terhindar dari perbuatan jahat Kuyang, umat Muslim disunnahkan membaca surat An-Naas yang memiliki keutamaan berlindung kepada Allah SWT.

Arab : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)

Artinya: (1) Katakanlah: ‘Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia’. (2) Raja manusia. (3) Sembahan manusia. (4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. (5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. (6) dari (golongan) jin dan manusia.

Demikian pembahasan mengenai Hantu Kuyang Asli Makan Bayi dan Doa Untuk Mengusirnya.***

0 Komentar