Pelajaran Hidup Dari Sifat Lebah Madu

Pelajaran Hidup Dari Sifat Lebah Madu
Pelajaran Hidup Dari Sifat Lebah Madu (ist/Freepik/wirestock)
0 Komentar

sumedangekspres – Lebah Madu merupakan serangga yang sifat hidupnya bisa memberikan pelajatan hidup kepada manusia.

Dari sudut pandang intelektual maupun religius, Lebah Madu selalu memberikan fakta menarik dalam kehidupannya.

Sudut pandang religius, agama Islam menyebutkan bahwa seorang mukmin haruslah hidup seperti lebah; memakan yang baik, mengeluarkan yang baik dan tidak merusak apapun yang ada di sekitarnya.

Baca Juga:Urban Legend Indonesia : Kisah Kuntilanak MerahHantu Kuyang Asli Makan Bayi dan Doa Untuk Mengusirnya

Begitu juga dalam kacamata ilmu pengetahuan, para pemikir dan pengamat menemukan banyak fakta menarik dari Lebah Madu seperti; cara hidupnya serta kebermanfaatannya dalam sebuah ekosistem.

Bukan hal yang mengagetkan jika kemudian banyak orang yang justru mengambil pelajaran hidup dari Lebah Madu ini.

Di bawah ini adalah rangkuman cara hidup Lebah Madu yang patut dicontoh oleh manusia untuk menjadi sosok yang lebih baik.

Pelajaran Hidup Dari Sifat Lebah Madu

Membicarakan lebah madu seolah tak ada habisnya. Selalu ada hal menarik yang bisa dibicarakan dari hewan yang memiliki lima mata ini. Dari lebah pula banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti enam sifat berikut ini.

1. Tidak Melukai, Tapi Bisa Melawan

Pada dasarnya Lebah Madu tidak akan melukai siapapun atau apapun kecuali jika serangga ini merasa terancam.

Hal ini memang sebuah naluriah makhluk hidup untuk bertahan diri dari segala ancaman.

Namun ketika melancarkan serangan Lebah Madu justru akan mati karena sebagian organ tubuhnya akan terlepas dari tubuhnya ketika mereka menyerang dengan sengatnya.

Baca Juga:Bukannya Menakutkan, Hantu Reng Tua Malem Malah Dicari-cari Oleh Warga Madura15 Erek Erek Hantu 2D, 3D, 4D Dari Mulai Mimpi Dikejar Hantu Sampai Ditemani Hantu Ramah

Dari sifat ini kita belajar bahwa jangan pernah mencari masalah dengan siapapun, namun ketika masalah datang dan mengancam keselamatan maka kita harus melawannya sekuat tenaga.

 

2. Kebermanfaatan untuk Lingkungan

Seperti yang kita tahu bahwa Lebah Madu memberikan banyak sekali manfaat khususnya kepada manusia.

Olahan produk yang dihasilkan oleh Lebah Madu seperti; madu, bee propolis, bee pollen, dan royal jelly sudah menjadi mengambil peran penting bagi kesehatan manusia.

Dari hal ini kita belajar bahwa hidup haruslah memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar, tidak hanya berguna untuk diri sendiri saja.

0 Komentar