Puting Beliung Sapu Belasan Rumah

RERUNTUHAN: Sejumlah waga saat melihat rumahnya yang hancur akibat angin puting beliung di Desa Tarumajaya, Ke
RERUNTUHAN: Sejumlah waga saat melihat rumahnya yang hancur akibat angin puting beliung di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KABUPATEN BANDUNG – Belasan rumah rusak diterjang angin puting beliung di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, baru-baru ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat bersama dengan BPBD Kabupaten Bandung segera meluncurkan tanggap darurat untuk merespons kejadianq tersebut. 

 

Sebagian warga masih berupaya membersihkan material puing bangunan yang rusak akibat bencana. Sementara, kondisi terkini masih dalam proses validasi. 

 

Beberapa rumah yang mengalami kerusakan parah pada atapnya, memerlukan perlindungan sementara dari hujan. Oleh karena itu, terpal menjadi salah satu kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuhi untuk menjaga keamanan bagi para korban.

 

Baca Juga:Tebing Ambrol Timpa Rumah WargaPemilik Warung dan Motor Tergerus Longsor

Masyarakat sekitar serta pihak-pihak terkait diimbau untuk memberikan dukungan moral dan donasi bagi para korban bencana. 

 

“Bantuan dalam bentuk apapun, baik itu logistik, uang, atau tenaga, akan sangat berarti bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan akibat musibah tersebut,” ujar Kabid Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Bambang.

 

Dia mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi pada sore hari sekitar pukul 16.30 WIB. Sebanyak 16 rumah menjadi korban peristiwa tersebut.

 

“Sebanyak 16 kepala keluarga atau 56 jiwa terdampak oleh bencana tersebut,” ungkap Bambang.

 

Menurutnya, langkah-langkah selanjutnya dalam proses pemulihan akan ditentukan berdasarkan hasil asesmen, dengan fokus utama pada pemenuhan kebutuhan dasar dan rehabilitasi infrastruktur yang rusak.

 

“Faktor dari cuaca exstrem yang menyebabkan kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah Jawa Barat, terutama di wilayah Kabupaten Bandung,” pungkasnya. (kos)

 

 

0 Komentar