Mengenal Seni Benjang Leutak, Seni Khas Desa Gunasari Sumedang

Seni Benjang Leutak, Foto : Tangkapan Layar YouTube : Trans TV
Seni Benjang Leutak, Foto : Tangkapan Layar YouTube : Trans TV
0 Komentar

sumedangekspres – Mengenal Seni Benjang Leutak, Seni Khas Desa Gunasari Sumedang

Seni Benjang Leutak merupakan salah satu seni perpanduan seni bela diri yang dilakukan oleh 2 orang pemain atau satu lawan satu.

Seni benjang leutak ini memiliki arti yaitu seni bela diri yang dilakukan di lumpur. Seni ini berasal dari Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Dilansir dari video YouTube TransTV, Seni benjang leutak ini merupakan seni gulat lumpur khas tanah Sunda yang biasa dimainkan untuk mengisi waktu luang setelah bertani.

Baca Juga:Disway Cup 2024 Digelar untuk Mempererat Silaturahmi AntarwartawanKotak Amal Masjid Al Muthmainnah Kecamatan Paseh Raib Digondol Pencuri

Seni benjang leutak ini biasanya dimainkan di atas lahan sawah yang basah atau penuh lumpur.

Didalam seni permainan ini kedua lawan diikat oleh satu kain dan mereka melakukan dorong-dorongan, dan siapa yang jatuh maka dia yang kalah.

Dan setelah selesai melakukan seni benjang leutak biasanya para pemain akan langsung membersihkan badan, yang biasanya dilakukan di sungai yang dekat dengan area pesawahan.

Itulah sekilas informasi mengenai kesenian benjang leutak yang berasal dari Desa Gunasari, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.***

 

0 Komentar