Sekolah Terbaik MAN Insan Cendekia Akan Dibuka di Sumedang

Foto : Dokumen Kemenag RI
Foto : Dokumen Kemenag RI
0 Komentar

sumedangekspres – Sekolah Terbaik MAN Insan Cendekia Akan Dibuka di Sumedang

Sekolah terbaik dibawah naungan Kementerian Agama RI (Kemenag) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) akan dibuka di Kabupaten Sumedang.

MAN Insan Cendekia ini merupakan satu-satunya sekolah unggulan yang berada dibawah naungan Kementerian Agama yang menggunakan kurikulum integrasi Kemendikbudristek, Kemenag, pesantren, dan Saintek di Indonesia.

Sekolah ini akan menyiapkan lulusannya untuk menjadikan seseorang yang memiliki Keimanan dan Ketakwaan (IMTAK, dan juga akan dibina  untuk mengetahui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Baca Juga:Para Pria Harus Tahu Ini! 8 Ciri Wanita Setia Yang Harus  Kamu Pertahankan8 Gerak-gerik Bahasa Tubuh Ciri Pasangan Selingkuh, Awas Kamu Patut Curiga!

Di Indonesia sendiri saat ini memiliki 24 MAN IC yang tersebar dibeberapa provinsi seperti, Banten, Gorontalo, Jambi, Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, dan Sumatera Selatan. Namun, belum ada di Jawa Barat.

“Kami telah siapkan langkah-langkah strategis percepatan pendidikan MAN IC Sumedang Jawa Barat tahun 2024,” tegas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Penegasan ini disampaikan saat membuka Raker KSKK Madrasah di Probolinggo. Raker mengusung tema “Menguatkan Karakter, Memacu Kinerja”. Hadir, para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah pada Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia.

Menurut Sidik, panggilan akrabnya, Direktorat KSKK Madrasah telah menggelar rapat koordinasi dengan Direktorat GTK Madrasah dan Kanwil Kemenag Jawa Barat pada Januari 2024. Tujuannya, membahas langkah strategis agar MAN IC Sumedang bisa segera terwujud.

“Kami telah melakukan survey kesiapan tiga lokasi kampus darurat sementara untuk penyelenggaraan MAN IC sumedang Jabar di tahun pertama,” terang Sidik.

Tiga lokasi itu adalah Yayasan Nurul Budiman Majalengka, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) PUI Center, dan Balai Diklat Bandung. “Hasil komunikasi awal, tempat yang representatif adalah Balai Diklat Bandung. Rencana penggunaannya juga sudah disetujui oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag,” sebut Sidik.

Pendaftaran Peserta Didik Baru Akan Dibuka Bulan Juni 2024

Dan untuk pendaftaran peserta didik baru MAN IC Sumedang akan dimulai pada bulan Juni 2024 mendatang.

Baca Juga:Perolehan Suara Partai Golkar di Sumedang, Masih Jauh MemimpinSuara Terbanyak Caleg DPD RI Jawa Barat Berdasarkan Real Count KPU 2024

“Kita juga menggelar Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Khusus MAN IC Sumedang Jabar dengan skema khusus. Penerimaan siswa baru ini rencananya dibuka Juni 2024,” ucap Sidik.

0 Komentar