Kapan Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan oleh Pemerintah Akan Dilaksanakan? Berikut Jadwalnya!

Kapan Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan oleh Pemerintah Akan Dilaksanakan? Berikut Jadwalnya!
Kapan Sidang Isbat Penentuan Awal Ramadhan oleh Pemerintah Akan Dilaksanakan? Berikut Jadwalnya! (tangkapan layar/youtube/kompastv)
0 Komentar

sumedangekspres – Menurut KBBI sidang isbat merupakan sidang yang dilakukan untuk menetapkan atau menentukan awal bulan dalam kalender Hijriyah.

Biasanya siding isbat kerap digunakan untuk menentukan awal puasa Ramadhan dan juga dilakukan untuk menentukan awal bulan kalender Hijriah, seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Adapun tahapan sidang isbat yakni diawali dengan pemaparan posisi hilal (untuk Ramadhan, Idul Fitri, dan juga Idul Adha), pelaksanaan sidang isbat, dan telekonferensi pers hasil sidang isbat.

Baca Juga:Hujan Deras Sebabkan Jembatan AmblasEkstrak Sirih Cina yang Memiliki Segudang Manfaat, Bisa Mengobati Asam Urat

Kini kita akan memasuki bulan Ramadhan yang biasanya akan ditentukan terlebih dahulu tepatnya kapan awal puasa.

Namun pemerintah belum mengumumkan kepastian mengenai pastinya kapan 1 Ramadhan 2024 ini.

Melalui Kementerian Agama, pemerintah mengungkapkan akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 H.

Dikutip dari laman resmi website Kementerian Agama, disebutkan bahwa siding isbat penentuan awal Ramadhan akan dilaksanakan secara hybrid, daring dan luring.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib, mengungkapkan jika sidang isbat akan dihadiri oleh duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas islam.

Tentunya siding isbat yang akan dilaksanakan juga melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Sidang isbat tersebut akan dibagi menjadi 3 tahap yakni:

1. Pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 H berdasarkan hisab atau perhitungan astronomi

2. Sidang isbat akan digelar secara tertutup setelah sholat magrib. Hasil dari data hisab akan merujuk kepada konfimasi yang dilakukan tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia

Baca Juga:Awal Puasa Ramadhan 2024 Berbeda: Tidak Perlu DipermasalahkanDr Aqua Dwipayana: Komunikasi yang Baik adalah Pondasi Utama dari Keberhasilan Operasional Solidaritas

3. Konferensi pers hasil siding isbat akan disiarkan melalui media sosial Kemenag

Adapun jadwal siding isbat 1 Ramadhan 2024 yakni:

  • Dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Maret 2024
  • Pukul 17.00 WIB sampai dengan selesai
  • Lokasi : Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat
  • Akan disiarkan dalam siaran secara live di Channel Youtube Bimas Islam

 

0 Komentar