Ekstrak Sirih Cina yang Memiliki Segudang Manfaat, Bisa Mengobati Asam Urat

Ekstrak Sirih Cina yang Memiliki Segudang Manfaat, Bisa Mengobati Asam Urat
Ekstrak Sirih Cina yang Memiliki Segudang Manfaat, Bisa Mengobati Asam Urat (sumber: pinterest)
0 Komentar

sumedangekspres – Tumbuhan sirih cina atau dalam nama ilmiahnya yakni Peperomia pellucida L yang merupakan salah satu tumbuhan herbal yang masuk ke dalam family Piperaceae.

Tanaman Sirih cina berasal dari Amerika Serikat namun tumbuh liar dan mudah didapatkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Tumbuhan ini biasanya tumbuh di daerah yang tidak begitu kering, yang umunya tumbuh pada daerah yang tidak begitu subur misalnya pada batu, tembok yang lembab, di ladang dan juga dipekarangan atau di pinggir parit.

Baca Juga:Awal Puasa Ramadhan 2024 Berbeda: Tidak Perlu DipermasalahkanDr Aqua Dwipayana: Komunikasi yang Baik adalah Pondasi Utama dari Keberhasilan Operasional Solidaritas

Tumbuhan ini memiliki tinggi 10-20 cm dengan batang yang tegak, lunak dan juga berwarna hijau muda.  

Sirih cina sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pengobatan atau mengobati beberapa penyakit karena disebutkan sirih cina memiliki kandungan antioksidan.

Selain itu tumbuhan ini juga mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, tanin dan triterpenoid yang bisa diasumsikan bahwa tumbuhan ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Adapun manfaat dari tumbuhan sirih cina ini yakni dapat mengobati beberapa penyakit seperti abses, bisul, jerawat, radang kulit, penyakit ginjal, dan juga sakit perut.

Bisa juga digunakan untuk obat sakit kepala, asam urat dan juga demam.

Adapun manfaat lengkap dari tanaman sirih cina yakni diantaranya:

1. Mencegah Kanker

Dengan kandungan Peperomia E yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Ekstrak daun sirih ditemukan dapat menghambat pertumbuhan berbagai patogen dan bakteri yang telah menghambat radikal bebas.

2. Mempercepat Pemulihan Patah Tulang

Baca Juga:Waduh, Jangan Langsung Cuci Muka Setelah Seharian Beraktivitas di Luar Ruangan! Apa Akibatnya?Sederet Fakta Menarik Pesta Prewedding Putra Miliuner India yang Mengundang Rihanna!

Kandungan air daun sirih cina dapat mempercepat pemulihan patah tulang jika dioleskan di sekitar tulang.

3. Mengobati Rheumatoid Arthritis

Dengan meminum secara rutin rebusan ekstrak dari batang daun sirih cina yang bisa anda minum pagi dan malam hari selama beberapa hari yang bisa mengatasi rheumatoid arthritis.

4. Mengobati Asam Urat

Dengan adanya kandungan zat yang dapat digunakan sebagai obat herbal alternatif untuk menurunkan kadar asam urat.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Ekstrak daun sirih Cina telah terbukti dapat mencegah kerusakan pada mukosa lambung, lapisan selaput lendir yang menampung kelenjar dan lubang gastrointestinal.

0 Komentar