Korlantas Polri Sudah Menyiapkan Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran

Korlantas Polri Sudah Menyiapkan Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran
Korlantas Polri Sudah Menyiapkan Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran (sumber: freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Meskipun ramadhan belum dimulai namun Korlantas Polri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas dari sekarang.

Kegiatan tersebut dilakukan demi kelancaran arus lalu lintas mudik-balik libur Lebaran Idul Fitri 2024 nanti di sejumlah ruas jalan tol ataupun jalan arteri yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya yang berlaku secara situasional.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, jika pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional, dinamis yang akan dimulai kurang lebih pada tanggal 4 April 2024.

Baca Juga:Musim Panen dan Tanam Diprediksi Normal di Jawa Barat Tahun 2024Peredaran 100 Kilogram Sabu Berhasil Dibongkar Polisi

Trunoyudo mengungkapkan jika rekayasa lalu lintas yang disiapkan merupakan sistem satu arah atau one way, berlawanan arah atau contraflow atau juga bisa diberlakukan sistem ganjil genap atau gage.

Diberlakukannya sistem ganjil genap akan dilakukan jika memang jumlah kendaraan sudah melebihi batas toleransi.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) sudah terdapat kebijakan mengenai adanya rekayasa lalu lintas tersebut, antara Korlantas Polri dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR.

Rekayasa lalu lintas berlawanan arah disiapkan dan akan diberlakukan dari KM 36 Cikampek.

Untuk sistem satu arah akan diterapkan mulai dari KM 72 Tol Cipali sampai dengan KM 414 Tol Kalikangkung.

Sementara tahun 2024 ini diprediksi akan terjadi kenaikan jumlah pergerakan masyarakat sekitar 5-6 persen atau diperkirakan ada sekitar 136,7 juta pergerakan masyarakat saat libur lebaran 2024 nanti.***

 

0 Komentar