Alun-alun Diserbu Warga untuk Berbuka

RAMAI: Para pembeli dan pedagang saat bertransaksi kuliner berbuka puasa di Alun-alun Conggeang, kemarin.
RAMAI: Para pembeli dan pedagang saat bertransaksi kuliner berbuka puasa di Alun-alun Conggeang, kemarin.
0 Komentar

sumedangekspres, CONGGEANG – Kawasan Alun-alun Kecamatan Conggeang, Tugu Opak hingga Pasar Lama menjadi tempat favorit berbelanja warga Kecamatan Conggeang dan sekitarnya untuk berpuasa selama Bulan Ramadan. Pasalnya berbagai jenis makanan tersedia di kawasan tersebut, mulai dari kolak, candil, gorengan dan lainnya. 

Seorang warga Kecamatan Conggeang, Risa mengaku turut terbantu dengan adanya para pedagang makanan berbuka puasa tersebut. Dirinya tak perlu cape membuat makanan berbuka, kecuali jika dibutuhkan dalam jumlah banyak. 

“Kami sering berbelanja untuk berbuka disini. Lumayan tidak terlalu jauh,” kata Risa kepada Sumeks, Selasa (12/3). 

Baca Juga:Gerombolan Monyet Serbu PemukimanJalan Rusak Memakan Korban, Warga Minta Dinas Terkait Turun Tangan

Dikatakan, pengunjung yang datang berbelanja tidak hanya dari sekitar Alun-alun Conggeang saja, tapi mereka datang juga dari pelosok Kecamatan Conggeang. 

“Bahkan, ada yang datang dari Buahdua hingga Paseh,” tandasnya. 

Risa menjelaskan, para pedagang biasanya mulai berdagang sekitar pukul 14.00 hingga berbuka puasa. Mereka mulai lebih sibuk saat menjelang Maghrib. 

“Meski berdagang sangat sederhana, dengan roda atau sepeda motor, omzet mereka setiap  harinya mencapai ratusan ribu. Cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka di bulan Ramadan,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, tradisi berdagang makanan untuk berbuka puasa di wilayah Alun-alun hingga perempatan Kecamatan Conggeang sudah berlangsung lama. Bahkan, puluhan tahun. 

Menurutnya, para pedagang pun tidak hanya merupakan warga Kecamatan Conggeang, tetapi ada juga dari daerah lain. Seperti Paseh, Buahdua hingga dari Kabupaten Majalengka. 

“Kami berharap tradisi ini terus terpelihara di setiap Bulan Ramadan. Selain dapat meningkatkan ekonomi warga, juga dapat memudahkan warga dalam mencari kuliner untuk berbuka,” tutupnya. (bim)

0 Komentar