Penggunaan Pengeras Suara Masjid, Menag: Kebutuhan Bagi Umat Islam

Penggunaan Pengeras Suara Masjid
Penggunaan Pengeras Suara Masjid (sumber: freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Pengeras suara merupakan alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi akustikenergi sinyal yang dipancarkan ke dalam ruangan atau udara terbuka.

Pengeras suara biasanya banyak kita temukan di ruangan, mobil, atau perangkat elektronik pendukung lainnya.

Adapun fungsi dari adanya pengeras suara yakni untuk memperkuat gelombang suara sehingga reproduksi suara bisa lebih tinggi atau maksimal.

Baca Juga:Mengatur Konsumsi Buah Saat Buka Puasa: Menjaga Kadar Gula DarahProgram Angkutan Motor Gratis (MOTIS) Lebaran 2024 untuk Meningkatkan Keselamatan Mudik

Utamanya pengeras suara sering kita temukan di masjid-masjid yang tentunya digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Namun Kementerian Agama RI memiliki aturan mengenai penggunaan pengeras suara yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama No SE 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara Masjid dan Musala.

Menurut Menteri Agama penggunaan pengeras suara masjid dan musala merupakan kebutuhan bagi umat Islam sebagai satu media syiar Islam di tengah masyarakat.

Pada saat yang bersamaan masyarakat Indonesia juga memiliki keragaman agama, keyakinan, latar belakang, dan lainnya, sehingga hal tersebut perlu diupayakan untuk merawat persaudaraan dan harmoni sosial.

Adapun Juru Bicara Kementerian Agama (Kemenag) Anna Hasbie mengungkapkan jika dengan adanya edaran pedoman penggunaan pengeras suara tidak melarang penggunaannya dan membatasi syiar Ramadan.

Salah satu poin edaran tersebut yakni mengenai penggunaan pengeras suara dalam dan juga pengeras suara luar yang digunakan di bulan Ramadan, baik dalam pelaksanaan salat tarawih, ceramah atau kajian Ramadan, dan juga tadarus Al Quran menggunakan pengeras suara yang mengarah ke dalam.

Dengan adanya edaran tersebut dibuat untuk tidak membatasi syiar Ramadan dengan giat tadarus, tarawih, dan juga qiyamul-lail selama Ramadan sangat dianjurkan.

Baca Juga:Kalahkan Parasite, Film Korea Exhuma Berhasil Tembus 700 Ribu Lebih Penonton di IndonesiaKetika Musim Hujan Apakah Sunscreen Masih Perlu Digunakan?

Namun Anna juga mengungkapkan jika pentingnya mengatur penggunaan pengeras suara. Karena jika terlalu keras dan antar masjid yang terlalu dekat, dikhawatirkan nanti suara yang dikeluarkan akan saling bertabrakan.

Jika penggunaan pengeras suara diatur maka akan lebih enak didengar, dan jika sifatnya ceramah atau kajian maka akan lebih mudah di pahami.***

 

0 Komentar