Langsung Tidur Setelah Sahur, Apakah Ada Resikonya?

Langsung Tidur Setelah Sahur
Langsung Tidur Setelah Sahur (sumber: pexels)
0 Komentar

sumedangekspres – Setelah menikmati hidangan sahur yang lezat, banyak dari kita merasa ngantuk dan cenderung untuk langsung kembali tidur.

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan tidur setelah sahur ini sebenarnya bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh?

Saat tidur setelah makan sahur, tubuh kita tidak diberi cukup waktu untuk mencerna makanan dengan baik.

Baca Juga:Bagaimana Sih Cara Menjaga Kelembapan Kulit Selama Bulan Puasa? Simak Selengkapnya!Mengalami Kerutan Pada Dahi? Cara Alami Ini Ampuh Hilangkan Kerutan Dahi

Proses pencernaan membutuhkan waktu tertentu, dan jika kita langsung tidur setelah makan, sistem pencernaan tidak bisa bekerja secara optimal. 

Sebagai akibatnya, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak tercerna dengan baik dan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Adapun beberapa masalah atau bahaya yang bisa saja timbul Ketika makanan tidak tercerna dengan baik, diantaranya:

1. Gangguan Pencernaan

Ketika makanan tidak dicerna dengan baik, ini dapat menyebabkan gangguan seperti perut kembung, gas, dan bahkan sembelit.

Makanan yang tidak tercerna dengan baik juga bisa mengganggu kenyamanan perut dan membuat kita merasa tidak enak badan.

2. Meningkatkan Risiko Naiknya Berat Badan  

Ketika tidur, metabolisme tubuh kita melambat, yang berarti tubuh tidak membakar kalori seefisien saat kita dalam keadaan terjaga.

Jika makanan tidak tercerna dengan baik sebelum tidur, ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh.

3. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Baca Juga:Ini Dia Tips Merawat Rambut Bagi Anda Pengguna Hijab, Simak Yuk!Deretan Bahan Alami Ini Ampuh Obati Vertigo, Yuk Simak!

Tidur setelah makan bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke esofagus (refluks) dan akan mengalami gangguan pencernaan, maka makanan yang baru saja dimakan membutuhkan waktu untuk dicerna oleh lambung selama 2 jam.

Sehingga jika setelah sahur kemudian tidur akan berisiko terkena Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

4. Tubuh Menjadi Lemas

Masih ada kebiasaan orang berpuasa bahwa makan sahur tengah malam karena ingin tidur lebih lama. Hal itu sebaiknya segera diubah.

Pasalnya makan yang dilanjutkan dengan tidur lama justru akan menurunkan kualitas tidur, hal ini disebabkan karena masih membutuhkan aktivitas ekstra pada lambung untuk dicerna. 

 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Sistem pencernaan perlu setidaknya 2 jam untuk mengolah makanan sampai menjadi sari makanan. 

0 Komentar