Benarkah Ada Kampus di Indonesia yang Buka Jurusan AI? Simak Faktanya!

Benarkah Ada Kampus di Indonesia yang Buka Jurusan AI? Simak Faktanya!
Benarkah Ada Kampus di Indonesia yang Buka Jurusan AI? Simak Faktanya!/iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Benarkah ada kampus yang buka jurusan AI di Indonesia?

 Pandemi COVID-19 telah mengubah lanskap pendidikan, mempercepat adopsi teknologi, dan memunculkan permintaan yang tinggi untuk ahli di bidang Informatika, terutama dalam Kecerdasan Buatan (AI).

Melihat potensi ini, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) mengambil langkah progresif dengan mendirikan Program Studi Informatika di bawah Fakultas Teknik (FT).

Kecerdasan Buatan (AI) dalam Era Data Science

Dalam pembelajaran Informatika di UKWMS, terdapat dua konsentrasi utama: data science yang memanfaatkan AI dan software engineering.

Baca Juga:Daftar Negara yang Miliki Durasi Puasa Terlama di Dunia8 Penyakit yang Bisa Mengganggu Saat Puasa

AI menjadi kunci utama dalam mengambil dan mengolah data besar yang tersebar luas di internet.

Dengan AI, data tersebut dapat dikumpulkan, diproses, dan diinterpretasikan sesuai kebutuhan, menghasilkan pengetahuan baru yang bernilai.

Philipus Suryo Subandoro, Kepala Pusat Data dan Informasi serta dosen di Informatika UKWMS, menjelaskan bahwa AI sangat bergantung pada kualitas data yang tersedia.

Oleh karena itu, penting bagi UKWMS untuk mengembangkan parameter dan inovasi yang dapat menghasilkan AI yang lebih andal dan aman.

Salah satu contohnya adalah pengembangan alat detektor untuk membedakan karya seni manusia dan AI.

Menyokong Pembelajaran Berkualitas

Perkuliahan Informatika di UKWMS diselenggarakan secara reguler di Kampus Kalijudan, dengan fasilitas laboratorium komputer yang dilengkapi dengan spesifikasi terbaru untuk mendukung kegiatan perkuliahan. S

elain itu, UKWMS telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk memastikan kualitas lulusan yang semakin terjamin.

Baca Juga:Cocok Buat Diet, Ini 7 Menu Buka Puasa Rendah KaloriKenapa Buka Puasa Gampang Kenyang?

Menjadi Kontributor Utama dalam Aplikasi Teknologi

Bergabungnya para ahli dan praktisi yang menguasai bidang Informatika dalam proses pendidikan di UKWMS diharapkan dapat mendorong terciptanya inovasi dan pengembangan teknologi yang lebih maju.

Melalui pendidikan yang berkualitas, para lulusan diharapkan dapat menjadi kontributor utama dalam pemanfaatan teknologi informatika di berbagai sektor kehidupan, membantu memberdayakan masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital ini.

Dengan memperkenalkan Program Studi Informatika yang berfokus pada AI, UKWMS berada di garis depan dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang muncul dalam revolusi digital global.

0 Komentar