Awas Bahaya DBD! Lakukan 5 Pencegahan Ini

Awas Bahaya DBD! Lakukan 5 Pencegahan Ini
Awas Bahaya DBD! Lakukan 5 Pencegahan Ini(foto : freepik.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Awas Bahaya DBD! Lakukan 5 Pencegahan Ini

Tidak sedikit orang yang saat ini mengalami penyakit DBD, dan penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan akan berakibat fatal jika tidak langsung tertangani dengan baik.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. 

DBD menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius, terutama di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. 

Baca Juga:7 Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan : Jaga Imunitas Tubuh saat Puasa5 Manfaat Tanaman Herbal Echinacea Saat Puasa: Jaga Imunitas Tubuh Tetap Sehat 

Penyakit ini tidak hanya menyebabkan kesakitan yang serius, tetapi juga dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Pencegahan DBD merupakan langkah yang sangat penting untuk mengurangi risiko penularan dan melindungi diri serta keluarga dari penyakit ini.

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda terapkan:

1. Menghindari Gigitan Nyamuk

– Gunakan Kelambu: Pasang kelambu di tempat tidur atau tempat beristirahat untuk mencegah nyamuk masuk.

– Kenakan Pakaian yang Tepat: Pakailah pakaian yang menutupi sebagian besar tubuh, terutama saat berada di luar rumah, terutama di waktu-waktu ketika nyamuk lebih aktif seperti pagi dan sore hari.

– Gunakan Repelan Nyamuk: Gunakan lotion atau semprotan anti nyamuk yang mengandung DEET, picaridin, atau oil of lemon eucalyptus.

2. Mengurangi Tempat Pembiakan Nyamuk

– Bersihkan Tempat Penampungan Air: Pastikan tidak ada genangan air di sekitar rumah Anda. Bersihkan tempat-tempat seperti bak mandi, tempayan, atau gentong yang dapat menjadi tempat pembiakan nyamuk.

– Tutup Tempat Penyimpanan Air: Pastikan tangki air dan tempat penyimpanan air lainnya tertutup rapat untuk mencegah nyamuk bertelur di dalamnya.

Baca Juga:Resep Kue Putri Salju: Lezatnya Cemilan Tradisional untuk LebaranMenggoda dengan Kelezatan Klasik: Resep Kue Pastel Kering Rekomendasi Cemilan Lebaran Anda

– Ganti Air Bunga: Ganti air pada vas bunga setiap beberapa hari sekali untuk mencegah nyamuk bertelur di dalamnya.

3. Pemberantasan Sarang Nyamuk

– Lakukan Fogging: Jika sudah ada wabah DBD di sekitar lingkungan Anda, minta bantuan petugas kesehatan untuk melakukan fogging guna membasmi nyamuk dewasa.

– Membersihkan Tempat-Tempat Tertentu: Bersihkan tempat-tempat yang mungkin menjadi sarang nyamuk, seperti tumpukan daun atau sampah yang membusuk.

0 Komentar