Bukan Hanya Jeroan, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kolesterol Naik

Bukan Hanya Jeroan, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kolesterol Naik
Bukan Hanya Jeroan, Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Kolesterol Naik (sumber: freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Kolesterol adalah salah satu senyawa lemak yang diproduksi oleh tubuh manusia dan juga ditemukan dalam makanan hewani.

Meskipun kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh, seperti membantu pembentukan vitamin D, hormon, dan asam empedu untuk pencernaan lemak, kadar yang tinggi dapat berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi faktor risiko bagi berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, dan arterosklerosis.

Baca Juga:Ternyata Kebiasaan Ini Bisa Menyebabkan Baterai Laptop Cepat Rusak!2 Olahan Tahu Sederhana yang Cocok Anda Buat Dirumah

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan pola makan dan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang perlu dikurangi bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi:

1. Kulit

Meskipun kulit ayam atau daging sapi memberikan rasa yang lezat, mereka juga mengandung tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang tidak sehat bagi tubuh.

Menghindari kulit saat mengonsumsi daging dapat membantu mengurangi asupan kolesterol.

2. Telur

Telur adalah sumber protein yang baik, tetapi kuning telur mengandung kolesterol tinggi. Mengonsumsi telur dalam jumlah moderat atau hanya putih telur bisa menjadi alternatif yang lebih sehat.

3. Udang

Meskipun rendah lemak, udang mengandung kolesterol tinggi. Mengurangi konsumsi udang atau memilih alternatif protein lainnya seperti ikan salmon atau dada ayam tanpa kulit bisa membantu menurunkan asupan kolesterol.

4. Jeroan

 Jeroan seperti hati, limpa, dan ginjal mengandung kolesterol tinggi.

Sebaiknya menghindari makanan ini atau mengonsumsinya dalam jumlah yang sangat terbatas.

5. Fast food

Makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, dan makanan berminyak lainnya cenderung tinggi lemak jenuh dan kolesterol.

Mengurangi konsumsi fast food dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Makanan manis

Baca Juga:Rekomendasi Warna Hijab yang Cerah untuk Menyambut Lebaran 2024Bisa Menjaga Kelembapan Kulit, Berikut Deretan Skincare yang Wajib Ada Selama Ramadan

Makanan yang tinggi gula tambahan atau sirup jagung tinggi fruktosa dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya, termasuk peningkatan kadar kolesterol. Mengurangi konsumsi makanan manis dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam batas yang sehat.

7. Gorengan

Makanan yang digoreng dalam minyak banyak mengandung lemak trans dan kolesterol tinggi. Sebaiknya mengganti metode memasak dengan cara yang lebih sehat seperti memanggang, merebus, atau mengukus.***

 

0 Komentar