Tol Cisumdawu Longsor, Pembatas Ditutupi Terpal

WASPADA: Alat berat terlihat di area Tol Cisumdawu yang mengalami longsor, tepatnya di kilo meter 183, sebelum
WASPADA: Alat berat terlihat di area Tol Cisumdawu yang mengalami longsor, tepatnya di kilo meter 183, sebelum pintu keluar tol, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Meski sudah hampir sembilan bulan jalan Tol Cisumdawu beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden Jokowi tanggal 11 Juli 2023, namun jalan tersebut masih belum benar- benar aman digunakan oleh kendaraan dengan bobot yang berat dan kecepatan tinggi. Pasalnya kawasan tersebut masih rawan longsor.

Seperti longsor yang baru-baru ini terjadi di area Tol Cisumdawu kilometer 183 sebelum pintu keluar Tol Kota Sumedang tepatnya di Desa Mekarjaya. 

“Memang di area jalan Tol Cisumdawu sering terjadi longsor sebelumnya terjadi longsor sesudah keluar dari pintu tol kota Sumedang, pas mau masuk jalan Prabu Gajah Agung, sekarang di sini Kilometer 183 sebelum keluar pintu tol,” ucap Cece (42) anggota BPD Desa Mekarjaya.

Baca Juga:Gagal Nyalip, Pemotor Hantam MobilTNI Pantau Distribusi Bantuan Pangan 

Menurut Cece, hal tersebut mungkin terjadi karena kurangnya penguatan dipinggiran bahu jalan yang dibuat jalan tol.

“Jadi kalau musim hujan datang berkepanjangan tanah di bahu jalan mudah tergerus air, karena minimnya penguatan atau tahanan bagi tanah itu sendiri maka terjadi longsor. Apalagi di atasnya dibebani beban cor jalan tol yang tebal dan tebal,” ucapnya.

Cece juga mengatakan, kejadian longsor  sebagai bahan evaluasi bagi pihak PT Citra Karya Jalan Tol (CKJT), untuk membenahi kontruksi bahu jalan dititik- titik yang rawan longsor.

“Dan saya sebagai warga Sumedang mengimbau bagi para pengemudi yang menggunakan jalan Tol Cisumdawu untuk ekstra hati-hati ,” pungkasnya.

 

0 Komentar