Kirab Mahkotah Binokasih Akan Diarak dari Ciamis

UMUMKAN: Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat bersilaturahmi sekaligus audensi dengan Radya Anom Keraton
UMUMKAN: Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman saat bersilaturahmi sekaligus audensi dengan Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Luky Djohari Soemawilaga dan Mahapatih Raden Lily Djamhur Soemawilaga serta PT Bespoke dari Australia terkait pembahasan Kirab Panji dan Kirab Mahkota Kemaharajaan Sunda Keraton Sumedang Larang di ruang kerja bupati, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Kirab Panji dan Mahkota Binokasih tahun ini bakal digelar bukan hanya untuk Sumedang saja, tapi Jawa Barat dan Indonesia. Rencananya Kirab Panji dan Mahkota Binokasih yang digelar memperingati hari jadi Sumedang bakal dikirab dari Ciamis menuju Bogor dan berakhir di Sumedang.

“Insyalloh Kirab Panji dan Mahkota Binokasih  dari Ciamis  kemudian ke Bogor dan nanti berseminya di Sumedang. Kami gelar dalam memperingati Hari Jadi Sumedang tahun 2024 ini,” kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman usai menerima silaturahmi sekaligus audensi  dengan Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Luky Djohari Soemawilaga dan Mahapatih  Raden Lily Djamhur Soemawilaga serta PT Bespoke dari Australia terkait pembahasan Kirab Panji dan Kirab Mahkota Kemaharajaan Sunda Keraton Sumedang Larang di ruang kerja bupati, Selasa Sore (19/3/2023).

Menurutnya,  ada dua hal yang paling penting dalam kegiatan Kirab Mahkota Binokasih.

Baca Juga:Tarling Eratkan Silaturahmi Aparat dengan WargaSMK YPPS Sumedang Bekali Ilmu Agama pada Smart Tren

“Pertama dari sisi budaya bagaimana nilai ka-Sumedangan. Sebuah bangsa bisa eksis dan maju apabila punya jatidiri dan itu harus berbasis nilai-nilai budaya dalam hal ini nilai-nilai budaya Sunda, nilai-nilai Kasumedangan,” kata Herman.

Ia berharap, kegiatan Kirab Mahkota Binokasih Sanghyang Pake dapat berdampak juga terhadap pariwisata di Sumedang karena Sumedang merupakan Kabupaten Pariwisata. 

“Mudah-mudahan dengan event Kirab Mahkota Binokasih Sanghyang Pake ini menjadi daya tarik tersendiri agar wisatawan dalam negeri dan luar negeri tertarik untuk datang ke Sumedang. Apalagi  Sumedang  mempunyai banyak destinasi unggulan pariwisata yang paling monumental destinasi Kujang Sapasang di Jatigede,” harapnya.

Herman menyebutkan, rencana Kirab Mahkota Binokasih Sanghyang Pake akan dilaksanakan tanggal 28 April 2024. 

“Kirab Mahkota Binokasih Sanghyang Pake dan akan di-suport teman-teman dari Bespoke yang akan kolaborasi dengan Keraton Sumedang Larang dan Pemerintah Kabupaten Sumedang,” katanya.

Radya Anom Keraton Sumedang Larang Raden Luky Djohari Soemawilaga berharap, Kirab tahun ini diberikan kelancaran dan akan ada kolaborasi dengan teknologi.

“Akan adanya sebuah aktratif drone dan lighting mahakarya. Mudah-mudahan menjadikan sebuah keniscayaan bisa terjadi yang bisa memberikan dampak positif untuk Sumedang. Baik dari sektor pariwisata maupun dari sektor  ekonomi,” katanya. (red)

0 Komentar