Benarkah Jika Makanan Berlemak Menyebabkan Kolesterol Tinggi?

Benarkah Jika Makanan Berlemak Menyebabkan Kolesterol Tinggi?
Benarkah Jika Makanan Berlemak Menyebabkan Kolesterol Tinggi? (sumber: ILUSTRASI/capture/pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Makanan berlemak sering kali menggugah selera dengan rasa yang lezat, memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya.

Namun, di balik kelezatan itu, perlu diingat bahwa tidak semua lemak diciptakan sama.

Beberapa jenis lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan jantung.

 

Lemak Jahat yang Perlu Diwaspadai

Baca Juga:Gejala Kolesterol Tinggi Bisa Dilihat dari Kaki, Bagaimana Gejalanya?Ketahui Jumlah Kolesterol Normal Berdasarkan Usia serta Deretan Obat Alami yang Ampuh Tangani Kolesterol

Menurut penelitian yang dilansir dari laman resmi hellosehat, dua jenis lemak yang perlu dihindari karena kemampuannya meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh adalah lemak jenuh dan lemak trans.

1. Lemak Trans

Lemak trans umumnya ditemukan dalam produk daging olahan, produk susu, serta makanan cepat saji.

Konsumsi minyak trans dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga menjadi musuh utama kesehatan jantung.

2. Lemak Jenuh

Jenis lemak ini seringkali ditemukan dalam makanan olahan, seperti makanan ringan, gorengan, dan makanan kemasan.

Lemak jenuh tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat, tetapi juga menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

 

Pemahaman tentang Kadar Kolesterol dalam Makanan

Meskipun makanan berlemak dapat memengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh, penting untuk menyadari bahwa tidak semua makanan berlemak juga mengandung kolesterol.

Sebagian besar makanan berlemak tidak mengandung kolesterol sama sekali atau memiliki dampak yang kecil terhadap peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh.

Baca Juga:Mengenal Suplemen Penurun Kolesterol yang EfektifBarela Dorong Denden Dampingi Dony Munir, Caleg Terpilih Elah Karmilah Komitmen Wujudkan Perubahan Positif

Oleh karena itu, fokus pada jenis lemak yang Anda konsumsi adalah kunci untuk menjaga kesehatan kolesterol Anda.

Alih-alih menghindari makanan berlemak secara keseluruhan, penting untuk memilih sumber lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

 

Lemak Baik yang Bisa Dikonsumsi 

Dikutip dari klikdokter, penderita kolesterol perlu menghindari asam lemak trans dan membatasi asupan asam lemak jenuh. Namun, tidak demikian dengan asam lemak tak jenuh.

Anda bisa mengkonsumsi asam lemak omega-3 dan omega-6, yang dapat ditemukan di dalam sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan.***

 

Mengelola konsumsi lemak dalam diet harian Anda adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan kolesterol Anda.

0 Komentar