Savero Dwipayana Menyambut Positif Upaya Unicef Indonesia Berkolaborasi dengan Portkesmas Memaksimalkan Upaya

Savero Dwipayana Menyambut Positif Upaya Unicef Indonesia Berkolaborasi dengan Portkesmas Memaksimalkan Upaya
Savero Dwipayana Menyambut Positif Upaya Unicef Indonesia Berkolaborasi dengan Portkesmas Memaksimalkan Upaya
0 Komentar

sumedangekspres, JAKARTA—Direktur Kerjasama dan Relasi Media Portal Kesehatan Masyarakat (Portkesmas) Savero Dwipayana menyambut positif kolaborasi pihaknya dengan Dana Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Anak atau Unicef Perwakilan Indonesia dalam upaya memaksimalkan program Imunisasi pada anak-anak. 

“Sebagai organisasi anak muda, Portkesmas mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Unicef Indonesia untuk dapat bermitra,” ungkap Savero atau akrab disapa Ero pada pertemuan perdana Portkesmas dan Unicef Indonesia yang dilaksanakan di Jakarta (19/03/2024).

Dari pihak Unicef Indonesia hadir Spesialis Perubahan Sosial dan Perilaku Unicef Indonesia Rizky Ika Syafitri atau Kiky. Pertemuan perdana kedua pihak dilakukan untuk menetapkan rencana dan indikator kerja. 

Baca Juga:7 Tanaman Hias di Rumah yang Berbahaya bagi Hewan Peliharaan, Hati-hati!Jalan Rusak, Seorang Bayi Tertindih Motor Hingga Meninggal

Kedua belah pihak berkomitmen untuk mengembangkan kerangka kerja yang efektif, transparan, mengedepankan prinsip kesetaraan dan mengacu pada bukti-bukti ilmiah (evidence-based). Ero menegaskan, sebagai organisasi anak muda, pihaknya mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Unicef Indonesia untuk dapat bermitra.

“Dari kemitraan ini kami melakukan aksi langsung di lapangan untuk meningkatkan cakupan imuniasi rutin dan berbagai layanan kesehatan esensial di Puskesmas,” ungkap Ero.

Ia menambahkan, Portkesmas akan bekerjasama dengan berbagai pihak yang terkait, termasuk pemerintah, akademisi, kader kesehatan, organisasi profesi dan media untuk menjalankan rangkaian kegiatan. Belajar dari kerja-kerja komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat (Risk Communication and Community Engagement atau RCCE) penanganan pandemi COVID-19, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan. 

Kiky juga menyambut positif kolaborasi dengan Portkesmas. Kemitraan dengan Portkesmas ini menunjukkan komitmen Unicef Indonesia pada dua hal yakni pemenuhan hak anak dalam aspek kesehatan dan keterlibatan masyarakat khususnya anak muda dalam berbagai upaya pembangunan masyarakat. 

“Kami percaya kolaborasi ini adalah investasi yang penting untuk transformasi kesehatan di Indonesia,” ujarnya.

Kiky menjadi penanggung jawab utama kemitraan Unicef dengan Portkesmas. Pihaknya berharap inisiatif ini dapat menginspirasi lebih banyak kolaborasi serupa di masa depan, terutama pelibatan anak muda dalam mendukung pemecahan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia.

Penguatan Kapasitas Kader

Unicef Indonesia menggandeng Portkesmas untuk melakukan kegiatan penguatan kapasitas kader di sejumlah daerah di mana cakupan imunisasi rutin anak masih rendah.

0 Komentar